Gegara Nunggak Pajak, Jutaan Kendaraan di Jabar Terancam Bodong 

Agung Bakti Sarasa · Senin, 24 Oktober 2022 - 15:50:00 WIB
Gegara Nunggak Pajak, Jutaan Kendaraan di Jabar Terancam Bodong 
Sebanyak 7,4 juta kendaraan roda dua dan roda empat terancam bodong karena menunggak pajak. (Foto: Ilustrasi)

BANDUNG, iNews.id - Jutaan kendaraan di Jawa Barat Provinsi Jawa Barat terancam bodong lantaran menunggak pembayaran pajak kendaraan. Data kendaraan penunggak pajak tersebut bakal dihapus sesuai Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 74.

"Dalam Pasal 74 ayat 2 disebutkan bahwa penghapusan regident kendaraan dilakukan bagi kendaraan yang tidak melakukan registrasi ulang sekurang-kurangnya dua tahun setelah habis masa berlaku surat tanda nomor kendaraan (STNK)-nya," Kepala Badan Pendapatan (Bapenda) Jabar, Dedi Taufik, Senin (24/10/2022).

Menurut Dedi, kendaraan yang masuk dalam daftar penghapusan data kendaraan itu merupakan kendaraan yang STNK-nya mati atau tidak didaftarkan ulang selama lima tahun. Kemudian, ditambah dua tahun tidak membayar pajak kendaraan. 

Artinya, ada jeda waktu hingga tujuh tahun bagi pemilik kendaraan menyelesaikan kewajibannya membayar pajak. Dalam prosesnya, kata Dedi, pemilik kendaraan diberikan peringatan selama beberapa bulan.

"Kami mendata potensinya mencapai 7,4 juta unit, baik itu kendaraan roda dua dan roda empat. Potensi itu artinya (data STNK) dapat dihapus karena tidak menggunakan kesempatan dan tidak mengindahkan peringatan," ujarnya. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: