Geco Citarasa Tradisional Racikan Ibu Yayat Sukabumi Manjakan Pelanggan sejak 1965 

Dharmawan Hadi · Minggu, 19 September 2021 - 09:20:00 WIB
Geco Citarasa Tradisional Racikan Ibu Yayat Sukabumi Manjakan Pelanggan sejak 1965 
Yayat Tarsih (70) sedang meracik satu porsi geco pesanan pelanggannya. (Foto: iNews.id/Dharmawan Hadi)

SUKABUMI, iNews.id - Bagi para pemburu kuliner dan kebetulan sedang singgah di Kota Sukabumi Jawa Barat, tak lengkap rasanya jika belum mencicipi salah satu penganan khas geco. Kuliner ini sebenarnya berasal dari Cianjur, namun makanan tradisional ini sudah puluhan tahun hadir di beberapa sudut Kota Sukabumi. 

Geco merupakan singkatan dari tauge dan tauco. Di Sukabumi geco menjadi kuliner khas yang wajib dicoba. Bahan dasar dari geco, yakni tauge yang dilengkapi potongan ketupat, mi sagu, dan irisan tahu kecil-kecil yang kemudian disiram dengan bumbu tauco sungguh sangat menggoda.

Geco yang cukup terkenal di Sukabumi yaitu Geco Samsat Ibu Yayat, yang hadir sejak tahun 1965. Kedai geco ini berlokasi di Jalan Kaum Kidul, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi atau berada di seberang Kantor Samsat Kota Sukabumi. Akhirnya orang menamainya Geco Samsat. Selain rasanya mengoyang lidah, porsinya juga pas, tidak terlalu banyak dan tentunya tidak sedikit.

Rasa dari Geco Samsat Ibu Yayat ini berbeda dengan geco  dari luar wilayah Sukabumi. Citarasa asam dan manis, membuat geco ini banyak disukai masyarakat Sukabumi.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: