Gak Ada Akhlak, Pencuri Bobol Masjid, Gasak Uang di Kotak Amal dan Robek Kitab Suci

Umaya Khusniah · Selasa, 24 Agustus 2021 - 07:52:00 WIB
Gak Ada Akhlak, Pencuri Bobol Masjid, Gasak Uang di Kotak Amal dan Robek Kitab Suci
Sejumlah Alquran dirusak dan berserakan di lantai. Para pencuri menggasak uang ribuan dolar dari kotak amal di Masjid Baitul Jannah Islamic Center Toronto. (Foto: istimewa)

TORONTO, iNews.id - Pencuri satu ini benar-benar gak ada akhlak. Dia membobol sebuah masjid untuk menggasak uang di dalam kotak amal dan merobek lalu membuang kitab suci Alquran.

Peristiwa ini terjadi di Masjid Baitul Jannah Islamic Center Kota Toronto, Kanada pada Minggu (22/8/2021). Sebanyak 14 dari 15 kotak amal berisi ribuan dolar dibawa kabur. 

Dikutip dari Global News, sejumlah kitab suci Alquran yang semula di dalam rak dirobek, dibuang, dan dibiarkan berserakan di lantai. Tak hanya itu, pelaku juga mengambil rekaman CCTV dari dalam mesin perekam. 

"Kami memiliki 15 kota amal dan mereka (kawanan pencuri) meninggalkan salah satunya. Mereka mengambil uang dan mendobrak pintu. Kami harus mengganti kunci beberapa kali," kata Imam Masjid Baitul Jannah Islamic Center Kota Toronto Atiqur Rahman.

Atiqur Rahman menyatakan, belakangan ini, kasus pencurian dan vandalisme semakin kerap terjadi di masjid tersebut. Pelaku tak hanya mencuri uang di dalam kotak amal, tetapi juga melakukan perusakan.

“Saya pikir itu (aksi pencurian dan perusakan) Islamofobia atau (dilakukan) seseorang tidak menyukai kami (Islam),” ujar Atiqur Rahman. 

Sementara itu, anggota dewan direksi masjid, Shahab Siddique mengatakan, alasan pembobolan dan perusakan berulang kali sulit dipahami. “Ini (Islam) adalah agama damai dan ada beberapa orang yang membenci kami. Ini mengejutkan. Kami benar-benar hancur,” kata Siddique.

Kepolisian Toronto masih menyelidiki kasus pembobolan dan vandalisme di Masjid Baitul Jannah Islamic Center tersebut. Mereka mengatakan, pembobolan tiga kali terjadi di masjid ini pada Maret, April, Juni. 

Namun pihak berwenang Toronto mengatakan masih terlalu dini dalam penyelidikan untuk menyebut insiden terbaru sebagai kejahatan rasial. Yang pasti, unit kejahatan kebencian polisi telah diberi laporan.

Wali Kota Toronto John Tory mengatakan, akan mengunjungi masjid itu untuk menunjukkan dukungan bagi komunitas muslim.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: