Dipicu Gas Metana, 1,5 Hektare Lahan TPA Heuleut Majalengka Terbakar Hebat

Inin nastain ยท Kamis, 26 Agustus 2021 - 11:23:00 WIB
Dipicu Gas Metana, 1,5 Hektare Lahan TPA Heuleut Majalengka Terbakar Hebat
Kepulan asap masih terlihat di sela-pepohonan sisa lahan di TPA Heuleut Majalengka yang sebelumnya terbakar. (Foto: MPI/Inin Nastain)

MAJALENGKA, iNews.id - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Heuleut di Kacamatan Kadipaten, Kabupaten Majalengka hangus terbakar, Rabu (25/8/2021 malam. Kebakaran diduga akibat gas metana yang memicu munculnya api hingga melalap hampir 1,5 hektare lahan TPA tersebut.

Kepulan asap dari area yang terbakar tidak hanya membubung ke atas, melainkan juga menutupi permukiman di sekitar TPA. Akibatnya, warga sekitar, termasuk petugas di TPA sempat mengalami gangguan pernapasan ringan.

Koordinator TPA Heuleut Cucung Wahyudin mengatakan, selama ini kebakaran sudah rutin terjadi setiap masuk musim kemarau. Namun, kebakaran tersebut dipastikan bukan dipicu dari adanya aktivitas warga yang membakar sampah.

Cucung memastikan, kebakaran berawal dari gas yang berasal dari tumpukan sampah itu sendiri. "Dipicu gas metana, yang berasal dari tumpukan sampah itu. Siang hari panasnya terik, terus angin juga kenceng, ya udah memantik api. Tadi malam jam 20.00 WIB mulai muncul," kata dia.

Gas metana yang berasal dari tumpukan sampah, menyebabkan terjadinya ledakan. Selama terjadi kebakaran, jelas dia, berkali-kali terdengar suara ledakan yang cukup besar.

"Sebelum terbakar, sempat terdengar ledakan juga. Sekarang juga masih belum benar-benar padam, masih ada kepulan asap," kata dia, Kamis (26/8/2021).

"Tadi malam mah lumayan, asapnya bikin mata perih. Tenggorokan juga jadi sakit. Ya karena Gas metana itu. Jangkauan asap sekitar 5 kilometer lah," ujar Cucung.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: