Derita TKW asal KBB Dibui 7 Tahun di Malaysia atas Perbuatan yang Tak Dilakukan

Adi Haryanto · Rabu, 09 Juni 2021 - 19:52:00 WIB
Derita TKW asal KBB Dibui 7 Tahun di Malaysia atas Perbuatan yang Tak Dilakukan
Rima Diana (31), warga Kampung Pasir Lame 03/16, Desa Bojongkoneng, Kecamatan Ngamprah, KBB, yang sempat menjalani tujuh tahun penjara di Malaysia. (Foto: MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Nasib malang harus dialami Rima Diana (31), warga Kampung Pasir Lame 03/16, Desa Bojongkoneng, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Perempuan yang menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Malaysia pada 2007 ini harus mengalami dibui tujuh tahun atas perbuatan yang tidak dilakukannya.

Dia divonis bersalah dan dituding terlibat penyalahgunaan narkoba di Malayasia sehingga harus menjalani hukuman 11 tahun penjara. Setelah mendapat berbagai remisi, ibu satu anak itu akhirnya keluar penjara pada November 2020 atau setelah menjalani hukuman 7 tahun 2 bulan. 

"Saya dituduh menyimpan narkoba dan terlibat dalam peredarannya. Padahal saya sama sekali tidak tahu ada narkoba, dan itu punya siapa," tuturnya, Rabu (9/6/2021).

Awalnya dia yang masih berusia 17 tahun itu berangkat melalui agen resmi tahun 2007 untuk bekerja sebagai asisten rumah tangga. Namun sesampainya di Malaysia, Rima malah ditempatkan di sebuah restoran China. Dia lantas memutuskan keluar karena tidak betah mengingat setiap hari harus berkutat dengan daging babi.

Kemudian dirinya ikut temannya sesama Pekerjaan Migran Indonesia (PMI) untuk bekerja di sebuah pabrik elektronik. Disitulah dia berkenalan dengan seorang pria keturunan Malayasia-India, yang tak lain adalah atasannya sendiri. Hingga akhirnya menikah tahun 2012.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2