Beredar Kabar Pasien Covid Membeludak hingga Ambulans Mengular, Ini Penjelasan RSHS Bandung

Arif Budianto · Rabu, 09 Juni 2021 - 18:47:00 WIB
Beredar Kabar Pasien Covid Membeludak hingga Ambulans Mengular, Ini Penjelasan RSHS Bandung
RSHS Bandung, Jalan Pasteur, Kota Bandung. (Foto: Arif Budianto)

BANDUNG, iNews.id - Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) mengklarifikasi beredarnya kabar bahwa IGD RSHS penuh pasien Covid-19, akibat lonjakan kasus pasca-Lebaran. Mereka menyebut hingga saat ini pasien masih terkendali. 

Pada pesan berantai yang beredar di WAG, disebutkan bahwa terjadi lonjakan luar biasa pada pasien Covid-19. Disebutkan, pasien di IGD overload dan beberapa pasien meninggal dunia. Sementara ambulans mengantre di luar ruangan. 

"Benar bahwa di RSHS terutama di IGD ada peningkatan kasus Covid-19. Namun suasana tidak segenting seperti informasi yang baru-baru ini beredar. Kondisi masih terkendali dan seluruh pasien dapat dilayani," kata Plh Direktur Medik, Keperawatan dan Penunjang RSHS dr Yana Akhmad, Sp.PD-KP.

Menurut dia, peningkatan tidak terjadi secara drastis dalam waktu yang singkat melainkan sedikit demi sedikit sudah terlihat sejak pertengahan Mei 2021. Dia sebelumnya juga mengakui, terjadi peningkatan kasus pasca-Lebaran, terutama untuk pasien kronis.

"Kapasitas Gedung Kemuning  (ruang rawat inap khusus Covid-19) sampai saat ini masih tersedia. Masyarakat diimbau untuk tidak panik namun tetap waspada dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, tidak keluar rumah jika tidak terlalu penting dan selalu menjaga kebersihan serta kesehatan lingkungan," ucap dia. 

Editor : Asep Supiandi