Demi Bertahan Hidup, Petani di Lembang KBB Banyak Jual Lahan 

Adi Haryanto · Kamis, 14 Oktober 2021 - 20:05:00 WIB
Demi Bertahan Hidup, Petani di Lembang KBB Banyak Jual Lahan 
Lahan pertanian di Kawasan Bandung Utara yang mencakup Lembang, Parongpong, Cisarua, hingga sebagian Ngamprah di KBB, bisa semakin berkurang jika tidak ada pengendalian alih fungsi lahan. (Foto: MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Maraknya pembangunan di Kawasan Bandung Utara (KBU) berimplikasi semakin menyusutnya lahan pertanian. Bahkan tidak sedikit petani di Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) terpaksa menjual lahan pertaniannya untuk bertahan hidup. 

Salah satunya Ayi (41) warga Desa Cibodas, Lembang, yang kini sudah tidak memiliki lahan pertanian lagi. Semua lahannya sudah dijual dan dirinya kini memilih menggarap lahan milik warga pendatang. Kondisi itu juga hampir terjadi pada sebagian besar petani di Lembang. 

"Dulu saya petani yang menanam sayuran, tapi karena keuntungannya minim lahannya saya jual dan sejak tiga tahun lalu beralih ke bidang usaha lain," ucapnya, Kamis (14/10/2021).

Menurutnya, lahan pertanian yang sudah dimiliki warga pendatang bukan hanya di terjadi Cibodas saja tetapi juga di desa-desa lain seperti Cikidang dan Wangunharja. Setiap kali panen, petani harus membagi keuntungan dengan pemilik lahan.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: