Dedi Mulyadi Bongkar Praktik Janggal Kebun Sawit Ilegal, Lahan Disegel KLHK, Disertifikatkan BPN

Agus Warsudi ยท Selasa, 29 Maret 2022 - 17:19:00 WIB
Dedi Mulyadi Bongkar Praktik Janggal Kebun Sawit Ilegal, Lahan Disegel KLHK, Disertifikatkan BPN
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi saat menyegel kebun sawit ilegal di Riau. Kini, kebun sawit ilegal itu telah mengantongi sertifikat yang diterbitkan BPN setempat. (FOTO: ISTIMEWA)

“Itu (penerbitan sertifikat kebun sawit ilegal) bertentangan dengan undang-undang. Sehingga, kepala BPN yang mengeluarkan sertifikat bisa dipidana. Saya khawatir ini terjadi di berbagai tempat, bukan hanya satu sertifikat. Bisa jadi ratusan atau ribuan sertifikat yang melibatkan jutaan hektare tanah dan negara dirugikan,” tutur Kang Dedi.

Selain itu, Kang Dedi juga mendapat informasi ada persiapan modus para korporasi berubah menjadi koperasi. Hal tersebut dikarenakan sesuai UU Cipta Kerja, masyarakat boleh menggarap perkebunan rakyat yang luasnya tidak lebih dari 5 hektare.

“Jadi korporasi yang menanam kebun sawit ilegal itu berubah jadi koperasi. Kebun sawit itu kemudian dibagi-bagi 5 hektare sehingga mereka terbebas dari denda dan pembayaran PNBP. Itu harus cermat. Untuk itu harus menggandeng menteri koperasi supaya bisa terdata,” ucapnya.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: