Dedi Mulyadi Bongkar Praktik Janggal Kebun Sawit Ilegal, Lahan Disegel KLHK, Disertifikatkan BPN

Agus Warsudi ยท Selasa, 29 Maret 2022 - 17:19:00 WIB
Dedi Mulyadi Bongkar Praktik Janggal Kebun Sawit Ilegal, Lahan Disegel KLHK, Disertifikatkan BPN
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi saat menyegel kebun sawit ilegal di Riau. Kini, kebun sawit ilegal itu telah mengantongi sertifikat yang diterbitkan BPN setempat. (FOTO: ISTIMEWA)

“Tetapi faktanya, bupati menyampaikan bahwa kebun yang disegel sudah bersertifikat. Pertanyaannya adalah dasar ATR/BPN (Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional) mengeluarkan sertifikat dari mana? Ini kan ada dua lembaga negara, ATR/BPN dan KLHK cq Ditjen Penegakan Hukum. Satu ilegal (menurut KLHK), satu lagi (ATR/BPN) mengatakan sudah mengeluarkan sertifikat,” ujarnya.

Mantan Bupati Purwakarta dua periode ini menuturkan, dalam proses keluarnya sertifikat oleh ATR/BPN tersebut ada prosedur yang dilanggar. Sebab perkebunan tersebut telah jelas melanggar hingga akhirnya disegel oleh KLHK.

Sehingga, tutur Kang Dedi, ada pembelajaran penting yang harus dilakukan, yakni, mendorong KLHK untuk berani tegas membuat laporan ke Mabes Polri terkait proses sertifikat kawasan perkebunan sawit ilegal tersebut.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: