Dapat Sumbangan Rp105 Juta, Penjual Agar-agar di Garut Akan Bangun Rumah dan Santuni Yatim

Ii Solihin · Minggu, 01 Agustus 2021 - 14:22:00 WIB
Dapat Sumbangan Rp105 Juta, Penjual Agar-agar di Garut Akan Bangun Rumah dan Santuni Yatim
Eman Suherman, pedagang agar-agar akan bangun rumah dan santuni anak yatim setelah mendapat sumbangan Rp105 juta. (Foto: iNewsTv/Ii Solihin)

GARUT, iNews.id - Penjual agar-agar yang membeli nasi padang dengan uang Rp5.000 di Kabupaten Garut, dan videonya viral di media sosial telah mengundang simpati banyak orang. Sejumlah bantuan pun mengalir kepada penjual agar-agar tersebut.
 
Sumbangan dari para donatur itu pun terkumpul lumayan besar. Uang sebesar 105 juta yang diterimanya itu, masih disimpan belum dibelanjakan. Rencananya uang itu digunakan untuk membangun rumah dan modal usaha, karena selama ini masih menumpang rumah di orang tua. Sebagian dari uang itu juga akan diberikan kepada anak yatim.

Pedagang agar-agar itu adalah Eman Suherman, warga Kampung Pasanggrahan, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut. Dia biasanya berjualan berkeliling ke sekolah-sekolah. Namun sejak pandemi Covid-19, dia harus kehilangan pendapatan karena semua sekolah tutup. Eman kini harus berkeliling dari kampung ke kampung mencari rupiah. 

"Pada waktu itu, saya membeli nasi padang dan uangnya tidak diterima. Saya juga tidak tahu karena baru membeli makanan di warung itu. Setelah pergi, ada orang lain yang menyusul dan memberi uang Rp20.000. Saya tidak tahu kalau itu direkam. Saya pun berterima kasih kepada para donatur," kata Eman

Di tempat sama, istri Eman, Lilis mengaku, selama ini masih belum punya rumah. Terkadang untuk makan sehari-hari bersama suami dan dua anaknya diberi oleh orang tua. Karena dengan dengan berjualan agar-agar terkadang tidak bawa uang ke rumah. 

Sebelumnya, video Eman yang membeli nasi padang dengan uang Rp5.000 ramai diperbincangkan masyarakat di Garut. Video berdurasi kurang dari satu menit itu diunggah hingga viral di media sosial.

Editor : Asep Supiandi