Curah Hujan Tinggi, Sungai Cibojong Sukabumi Meluap Ancam Rumah Warga

Dharmawan Hadi ยท Minggu, 12 September 2021 - 19:21:00 WIB
Curah Hujan Tinggi, Sungai Cibojong Sukabumi Meluap Ancam Rumah Warga
Debit air Sungai Cibojong Sukabumi cukup besar akibat diguyur hujan. Sejumlah perkampungan yang berada di bantaran sungai terancam banjir. (Foto: iNews.id/Dharmawan Hadi)

SUKABUMI, iNews.id - Sungai Cibojong, Kabupaten Sukabumi meluap akibat hujan deras yang melanda wilayah itu. Akibatnya, sejumlah perkampungan yang berada di bantaran sungai tersebut terancam banjir, Minggu (12/9/2021). 

Luapan air mengancam sejumlah wilayah yang dilintasi aliran sungai, yakni Desa Pasirdoton, Desa Cidahu, Desa Jayabakti, Desa Pondokaso Tengah.

Camat Cidahu, Jenal Abidin mengatakan hujan yang turun di wilayah Cidahu sejak siang menjadi penyebab meluapnya aliran Sungai Cibojong. 

“Saat ini petugas di lapangan sedang memonitor meluapnya debit air di Sungai Cibojong ini. Hingga pukul 18.00 WIB belum ada laporan adanya warga yang kehilangan anggota keluarga dan semua petugas sedang siaga terkait adanya peristiwa ini,” ujar Camat Cidahu, Jenal Abidin kepada wartawan.

Saluran air di Sungai Cibojong meluap membanjiri persawahan milik warga, belum ada laporan air masuk ke perkampungan warga di sepanjang aliran sungai.

Sementara itu, petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cicurug, Dodi Firmansyah melaporkan kondisi masih cukup aman tidak ada kejadian di daerah Kecamatan Cicurug sebagai daerah terdekat dengan luapan Sungai Cibojong.

“Arus sungai mulai mereda pada pukul 17.30 WIB, akan tetapi kita waspada karena arus aliran Sungai Cibojong belum normal hanya ada penurunan debit air,” ujar Dodi kepada wartawan.

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: