get app
inews
Aa Text
Read Next : 3 Tempat wisata di Ciamis yang Wajib Masuk Bucket List, Banyak yang Belum Tahu

Contoh Email untuk Kepentingan Bisnis yang Terbaik Lengkap Cara Membuat dan 5 Hal yang Perlu Diperhatikan

Sabtu, 19 November 2022 - 09:47:00 WIB
Contoh Email untuk Kepentingan Bisnis yang Terbaik Lengkap Cara Membuat dan 5 Hal yang Perlu Diperhatikan
Contoh email untuk kepentingan bisnis (Foto:Freepik)

JAKARTA, iNews.id -  Inilah beberapa contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik dan bisa dijadikan referensi. Meski membuat email terkesan sepele, tetapi untuk kepentingan bisnis nyatanya banyak hal yang perlu untuk diperhatikan.

Khususnya, agar email bisnis yang dibuat dapat memberikan kesan profesional. Pasalnya, email yang baik dan profesional akan membuat perusahaan atau instansi dapat dinilai mempunyai keseriusan dalam manajemennya. 

Namun, masih banyak yang belum mengerti akan pentingnya membuat email bisnis yang baik. Hal-hal sederhana seperti pemilihan nama hingga pengiriman yang profesional masih sering diabaikan.

Bahkan, email bisnis yang dikirim menggunakan email pribadi masih sering dijumpai, Padahal, surel tersebut sebenarnya sama dengan surat secara formal untuk mewakili lembaga atau perusahaan tertentu.

Untuk itu, inilah hal-hal yang perlu diketahui dulu sebelum mengetahui contoh email bisnis yang terbaik.

1. Menentukan Nama Alamat Email untuk Bisnis

Menentukan nama email untuk kepentingan bisnis tidaklah sulit. Namun, jika email sudah berhubungan dengan branding bisnis, pemakaian nama alamat surel tersebut tidak dapat sembarangan.

Pemakaian nama email haruslah sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, memakai nama divisi ataupun departemen perusahaan. Selain itu, bisa juga memakai nama asli pegawai

Dalam sebuah bisnis, perusahaan biasanya mempunyai divisi dan departemen yang berbeda-beda. Berikut contoh nama email bisnis memakai divisi ataupun departemen perusahaan:

[email protected]
[email protected]
[email protected]

Atau bisa juga menggunakan nama pegawai yang bersangkutan di divisi yang dimaksud. Misalnya:

[email protected]
[email protected]
[email protected]

2. Menulis Subjek yang Jelas

Subjek adalah bagian yang pada email, khususnya email bisnis. Sebab, subjek email umumnya adalah hal pertama yang akan dilihat oleh penerima surel.

Pastikan subjek email berisi pesan penting atau hal pokok yang menjadi inti pesan yang disampaikan. Hindari menulis subjek menggunakan kalimat panjang. Misalnya, jika ingin mengirim pesan berupa tagihan, maka cukup pakai subjek dengan kata 'Invoice'.

3. Perkenalkan Diri

Saat pertama kali mengirim email, maka pengirim harus memperkenalkan diri. Pengirim bisa mencantumkan nama dan jabatan atau posisinya. Ini akan memberikan kesan baik yang kepada penerima email.

4. Sampaikan Maksud dan Tujuan

Pastikan untuk tidak bertele-tele dalam menyampaikan maksud dan tujuan dalam email bisnis tersebut. Dianjurkan untuk memakai bahasa yang efektif dan sopan agar mudah dipahami oleh penerima.

5. Cek Sebelum Mengirim

Setelah email siap dikirim dan telah sudah tersusun dengan baik, jangan lupa untuk membaca ulang dan mengeceknya sebelum mengirim.

Hal ini penting untuk menghindari adanya kesalahan kecil yang mungkin dapat menjadi fatal. Perhatikan tanda baca, format penulisan, atau penulisan alamat dan nama penerima.

Editor: Komaruddin Bagja

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya

iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut