Cegah Pungutan Liar, PPDB di Sukabumi Dipantau Langsung Saber Pungli

Antara · Jumat, 01 Juli 2022 - 16:55:00 WIB
Cegah Pungutan Liar, PPDB di Sukabumi Dipantau Langsung Saber Pungli
Tim II Pokja Penindakan Satgas Saber Pungli Kabupaten Sukabumi saat memantau pelaksanaan PPDB serta memberikan sosialisasi pencegahan praktik pungli di sekolah di Kabupaten Sukabumi, Jabar. (Foto: Antara)

SUKABUMI, iNews.id - Pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPBD) di sekolah negeri tingkat SD dan SMP di Kabupaten Sukabumi dipantau langsung Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli). Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya pungutan liar atau pungli.

"Kami menurunkan tim untuk melakukan pemantauan di SD dan SMP negeri yang tengah melaksanakan PPDB sebagai upaya untuk mencegah terjadinya pungutan liar atau pungli," kata Ketua Tim II Pokja Penindakan Satgas Saber Pungli Kabupaten Sukabumi Elga Nurfazrin di Sukabumi, Jumat (1/7/2022).

Menurut Elga, pemantauan ini bertujuan membangun kesadaran hukum bagi penyelenggara pendidikan untuk mendukung sistem pemerintahan yang bersih atau bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

Kegiatan ini pun untuk memastikan tidak ada sekolah yang menerima calon murid titipan serta tidak melakukan pungli kepada orang tua murid, serta mencegah adanya oknum-oknum yang mencari keuntungan dengan memanfaatkan PPDB.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: