Cari 17 ABK yang Hilang di Perairan Indramayu, Tim BSG Lakukan Penyelaman

Fathnur Rohman · Minggu, 04 April 2021 - 10:44:00 WIB
Cari 17 ABK yang Hilang di Perairan Indramayu, Tim BSG Lakukan Penyelaman
Tim SAR gabungan sedang bersiap-siap melakukan operasi pencarian terhadap ABK yang hilang di perairan utara Indramayu. (Foto: iNews.id/Fathnur Rohman)

INDRAMAYU, iNews.id - Tim BSG (Basarnas Special Group) mulai melakukan penyelaman untuk mencari 17 anak buah kapal (ABK) Barokah Jaya yang hilang di perairan utara Indramayu, Minggu (4/4/2021). Sebanyak 11 penyelam diturunkan untuk operasi pencarian ABK yang hilang itu.  

Kasi Operasi dan Siaga Kantor SAR Bandung, Supriono mengatakan, tim penyelam BSG yterdiri dari 11 orang tengah menyelam untuk mencari para korban. Tim penyelam menyisir seluruh area lokasi yang diperkirakan menjadi lokasi keberadaan para ABK yang hilang.

"Kita melibatkan tim penyelam Basarnas Special Group yang berjumlah 11 orang. Sampai saat ini lagi melakukan penyelaman terhadap (lokasi) kapal tersebut," kata Supriono kepada MNC Portal Indonesia, di Posko Pencarian, Desa Eretan Wetan, Indramayu, Jawa Barat, Minggu (4/4/2021).

Dia menerangkan, belasan korban yang saat ini masih belum ditemukan merupakan ABK dari kapal nelayan Barokah Jaya. Dia memastikan, koordinasi dan komunikasi antarpetugas terus diperkuat agar memudahkan proses pencarian.

"Yang di lapangan ada 50 personel. Sampai saat ini tidak ada kendala," ujar Supriono.

Sementara itu, dari data yang dihimpun MNC Portal Indonesia, sebanyak 15 korban selamat berhasil dievakuasi oleh MV Habcoo pioneer. Para ABK itu sudah dipindahkan ke KN SAR Wisnu Jakarta.

KN SAR Wisnu sendiri dikerahkan untuk melakukan pencarian korban di sekitar LKP pada koordinat 5°37'35.00"S-108°17'18.00"E. Selain itu ada juga kapal KM Baru Rugem dan RIB 09 Bandung, yang ikut diterjunkan untuk membantu proses pencarian korban. 

Editor : Asep Supiandi