Capaian Imunisasi Rendah akibat Pandemi, Unicef Khawatirkan Ancaman KLB 

Agung Bakti Sarasa · Jumat, 22 April 2022 - 18:47:00 WIB
Capaian Imunisasi Rendah akibat Pandemi, Unicef Khawatirkan Ancaman KLB 
Anak-anak mendapatkan imunisasi dalam kegiatan BIAN di Taman Dewi Sartika, Kota Bandung, Jumat (22/4/2022). (Foto: iNews.id/Agung Bakti Sarasa)

BANDUNG, iNews.id - Pandemi Covid-19 telah berdampak terhadap rendahnya pencapaian imunisasi. Kondisi tersebut dikhawatirkan menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (P3DI). 

Kekhawatiran tersebut disampaikan Paul Manoempil, Konsultan Imunisasi Unicef Indonesia Wilayah Provinsi Jawa Barat di sela kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Taman Dewi Sartika, Kota Bandung, Jumat (22/4/2022).

"Yang paling kita khawatirkan adalah KLB. Di Indonesia sudah terjadi di beberapa provinsi. Di Kalimantan Barat, Riau dan Papua, tapi Alhamdulilah di Jabar, khususnya Bandung tidak ada KLB. Artinya, masih bisa tahan terhadap PD3I," kata Paul. 

Paul memaparkan, pandemi Covid-19 telah membuat cakupan imunisasi dasar lengkap (IDL) menjadi rendah. Berdasarkan data terbaru Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), capaian imunisasi menurun sejak awal pandemi dari 84,2 persen pada tahun 2020 menjadi 79,6 persen pada tahun 2021.

Bahkan, kata Paul, pandemi Covid-19 juga telah mengakibatkan capaian imunisasi global turun antara 10-15 persen. Tidak hanya itu, kondisi pandemi juga membuat Indonesia masuk ke dalam daftar 10 besar negara dengan capaian imunisasi yang tidak mencapai target.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: