Bunda Literasi Jabar: Minat Baca Rendah Sebabkan Orang Mudah Terprovokasi Hoaks

Adi Haryanto ยท Sabtu, 03 September 2022 - 04:00:00 WIB
Bunda Literasi Jabar: Minat Baca Rendah Sebabkan Orang Mudah Terprovokasi Hoaks
Bunda Literasi Jabar Atalia Praratya Kamil (dua dari kiri) mengunjungi pameran buku internasional Big Bad Wolf Books di Convention Parahyangan, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, KBB, Jumat (2/9/2022). (Foto/MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Bunda Literasi Jabar Atalia Praratya Kamil menyatakan minat baca rendah menyebabkan orang mudah terprovokasi hoaks. Sebagian besar masyarakat kurang mendapatkan informasi mendalam terkait sebuah persoalan.

Karena itu, Atalia Praratya meminta orang tua dan institusi pendidikan untuk memacu budaya membaca kepada anak-anak. Salah satunya dengan menyediakan pojok baca atau perpusatakaan di sekolah dan rumah sehingga anak terbiasa membaca setiap hari. 

"Minat baca masyarakat Jabar masih terbilang rendah, meskipun dalam beberapa tahun terakhir mulai ada peningkatan. Tapi budaya baca tetap harus ditingkatkan. Salah satunya melalui kegiatan pameran buku," kata Bupat Literasi Jabar saat mengunjungi pameran buku internasional Big Bad Wolf Books di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jumat (2/9/2022).

Atalia menyatakan, pameran buku yang jumlahnya mencapai jutaan judul tersebut sangat tepat sebagai upaya meningkatkan minat baca. Masyarakat bisa memilih beragam buku bacaan, dari anak-anak, remaja, dewasa, baik lokal maupun luar negeri. 

Handphone (HP), ujar Atalia, menyajikan berbagai informasi. Namun tidak semua orang memanfaatkannya untuk membaca. Berdasarkan data yang didapatkan dari Kementerian Kominfo, jumlah warga Indonesia yang memiliki gadget itu lebih dari 60 juta orang. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: