Bunbun, ODGJ di Sindakerta KBB yang Dipasung Dibawa ke RSJ Cisarua

Agung Bakti Sarasa ยท Kamis, 18 Februari 2021 - 16:34:00 WIB
Bunbun, ODGJ di Sindakerta KBB yang Dipasung Dibawa ke RSJ Cisarua
Bunbun Bunyamin warga Kampung Pasirkihiang, Desa Sindangkerta, Kecamatan Sindangkerta, KBB, pengidap gangguan jiwa terpaksa dipasung di ruangan khusus karena sering mengamuk. (Foto: Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Puskesmas Sindangkerta membawa Bunbun Bunyamin (50) warga Kampung Pasirkihiang RT 03/12, Desa/Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat (KBB) ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Cisarua. Sebelumnya, selama bertahun-tahun Bunbun dipasung di ruangan khusus karena kerap mengamuk.

"(Bunbun) sudah dirujuk hari ini ke RSJ Cisarua untuk tindak lanjut penanganan pengobatannya," kata Pengelola Program Jiwa, Puskesmas Sindangkerta, Yadi Arifyana saat dikonfirmasi, Kamis (18/2/2021).

Dia mengemukakan, pengobatan lanjutan diperlukan karena Bunbun telah menderita gangguan kejiwaan sejak usia 19 tahun. Sebelum menjalani perawatan dia bakal menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan termasuk menjalani rapid test Covid-19. 

"Hasil rapid test kondisinya sehat. Tapi nanti akan rapid test lagi di sana (RSJ Cisarua), sebagai antisipasi penyebaran Covid-19," ujarnya. 

Yadi menuturkan, belum tahu berapa lama Bunbun bakal menjalani perawatan di RSJ Cisarua. Sebab bergantung pada hasil pemeriksaan dan kondisi kesehatan kejiwaan Bunbun. Sebab, Bunbun sudah cukup lama dikucilkan dan dipasung oleh keluarganya. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3