Bunbun Kerap Mengamuk, Pria Gangguan Jiwa di KBB Itu Dipasung di Ruangan Khusus

Adi Haryanto · Selasa, 16 Februari 2021 - 17:36:00 WIB
Bunbun Kerap Mengamuk, Pria Gangguan Jiwa di KBB Itu Dipasung di Ruangan Khusus
Bunbun Bunyamin warga Kampung Pasirkihiang, Desa Sindangkerta, Kecamatan Sindangkerta, KBB, pengidap gangguan jiwa terpaksa dipasung di ruangan khusus karena sering mengamuk. (Foto: Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Bunbun Bunyamin (50), warga Kampung Pasirkihiang, Desa Sindangkerta, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat (KBB), terpaksa dipasung di ruangan khusus. Tindakan itu terpaksa dilakukan karena keluarga khawatir Bunbun yang kerap mengamuk, mengganggu warga sekitar.

Berdasarkan keterangan dari keluarga, Bunbun merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Penyakit itu telah diidap Bunbun sejak berusia 19 tahun. Akibat gangguan jiwa itu, Bunbun kerap mengamuk. Karena khawatir menganggu warga, keluarga terpaksa memasung dan mengurung Bunbun.

"Anak saya dulu sempat kerja di pabrik pembuatan ban di Tangerang. Pas pulang, sering ngelamun dan kalau ngomong gak nyambung. Katanya stres di pekerjaan," kata sang ayah, Hapid (76) kepada wartawan, Selasa (16/2/2021).

Hapid mengemukakan, jika sakitnya sedang kumat, Bunbun kerap mengamuk dan melakukan perbuatan yang mengancam keselamatan keluarga, warga setempat, bahkan diri sendiri. 

Pernah suatu ketika, ujar Hapid, Bunbun mengamuk dan melukai ibunya dengan bambu. Lalu dia juga nyaris membakar rumah lantaran merokok di tempat tidur. Hal itu yang membuat keluarga khawatir.

"Apalagi warga sekitar juga menyampaikan perasaan takut dan resah oleh perilaku Bunbun yang tidak terkendali," ujar Hapid.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3