BRIN-ITB-NTU Akan Bangun Observatorium Sesar Lembang di KBB untuk Mitigasi dan Wisata Edukasi

Agus Warsudi ยท Rabu, 20 April 2022 - 18:11:00 WIB
BRIN-ITB-NTU Akan Bangun Observatorium Sesar Lembang di KBB untuk Mitigasi dan Wisata Edukasi
Tim BRIN-ITB-NTU beraudiensi dengan Pemkab Bandung Barat untuk memulai pembangunan Observatorium Sesar Lembang. (FOTO: ITB.ac.id)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Tim Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Nanyang Technological University (NTU), Singapura, akan membangun Observatorium Sesar Lembang. Observatorium ini sangat penting untuk mendukung riset dan inovasi mitigasi bencana kegempaan di wilayah Bandung Raya.

Dikutip dari rilis resmi ITB dalam laman itb.ac.id, Ketua Tim dari Kelompok Keahlian Geofisika Global (KK GG) Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) ITB Endra Gunawan mengatakan, ITB menjadi bagian dari tim kolaborasi tersebut, sebagai bagian dari peneliti kebumian di Indonesia juga sebagai upaya untuk dapat memahami lebih baik lagi terkait sains potensi bahaya dan risiko gempa bumi dari Sesar Lembang.

Sejak 2019, kata Endra Gunawan, kelompok keahlian geofisika global sudah berkontribusi terhadap lima stasiun kontinu Global Navigation Satellite System (GNSS) untuk pengamatan deformasi secara teliti yang didukung melalui dana riset internal ITB.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: