BNPB Imbau Warga Mampu Memitigasi Bencana di Daerahnya

Arif Budianto · Selasa, 19 Januari 2021 - 21:30:00 WIB
BNPB Imbau Warga Mampu Memitigasi Bencana di Daerahnya
Relawan mengevakuasi warga saat bencana banjir melanda. (Foto: Dokumentasi)

BANDUNG, iNews.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta masyarakat melakukan mitigasi bencana di daerah masing masing. Mitigasi penting untuk mengetahui risiko dan langkah penyelamatan bila terjadi bencana. 

Kepala Pusat Pengendalian Operasi BNPB Bambang Surya Putra mengatakan, saat ini, Indonesia dihadapkan pada kondisi cuaca ekstrem akibat fenomena lanina. Hujan dengan intensitas tinggi bisa terjadi kapan pun. Kondisi hujan ekstrem, bisa menimbulkan bencana banjir, tanah longsor, banjir bandang, dan lainnya.

"Kita harus tahu tinggal di mana dan risiko bencananya apa. Kalau sudah tahu, kita bisa melakukan persiapan. Tahu kemana melakukan evakuasi saat terjadi bencana," kata Bambang, Selasa (19/1/2021).

Dia menyontohkan, masyarakat yang tinggal di daerah lereng dengan kemiringan lebih dari 30 derajat, harus lebih waspada. Bila tidak bisa menghindari tinggal di daerah tersebut, masyarakat mestinya bisa melakukan mitigasi.

Seperti, ujarnya, mengenali gejala longsor. Informasi mitigasi dan ciri ciri bagaimana longsor bisa terjadi bisa diambil dari berbagai literatur. 

"Begitu pun warga yang tinggal di sekitar gunung merapi aktif. Harus siap siaga. Bagaimana kita mesti siap menyelamatkan diri harta benda dan lainnya bila sewaktu waktu terjadi erupsi. Begitupun warga di garis pantai, mesti bisa memitigasi bila terjadi tsunami," ujar dia.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2