BMKG Ingatkan Potensi Multi Bencana di Jabar hingga Maret 2021

Arif Budianto · Minggu, 24 Januari 2021 - 20:19:00 WIB
BMKG Ingatkan Potensi Multi Bencana di Jabar hingga Maret 2021
Prakiraan cuaca ekstrem di Jabar. Foto: Istimewa

BANDUNG, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan potensi multi bencana yang disebabkan cuaca hujan ekstrem hingga Maret 2021 mendatang. Hujan dengan intensitas tinggi berpotensi menimbulkan banjir, tanah longsor, banjir bandang, dan lainnya di sejumlah wilayah di Jawa Barat. 

Menurut Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho, saat ini mayoritas wilayah di Jabar telah memasuki puncak musim hujan yang diprediksi bakal terjadi pertengahan Januari hingga Februari. Pada periode musim hujan ini juga sering terjadi peristiwa cuaca ekstrem dengan curah hujan kategori tinggi dan sangat tinggi.

Seperti halnya tiga hari ke depan perlu diwaspadai potensi terjadinya hujan lebat di wilayah Karawang, Subang, Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Garut, Indramayu, Sumedang, Cirebon, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar.

"Hujan ekstrem tersebut sangat berpotensi menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor yang dapat membahayakan bagi publik, serta hujan lebat disertai kilat atau petir dan gelombang tinggi yang membahayakan pelayaran dan penerbangan," kata dia, Minggu (24/1/2021).

Hujan ekstrem diperkirakan akan terus terjadi hingga Maret 2021. Sehingga,  dengan adanya potensi cuaca ekstrem tersebut, perlu diwaspadai daerah yang diprediksi berpotensi banjir kategori menengah. Bencana tersebut berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah Jawa Barat untuk bulan Februari, Maret dan April 2021.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2