Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem di Jawa Barat pada Puncak Musim Hujan

Agus Warsudi ยท Selasa, 19 Januari 2021 - 17:30:00 WIB
Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem di Jawa Barat pada Puncak Musim Hujan
Waspadai cuaca ekstrem saat puncak musim hujan terjadi pada Januari-Februari 2021. (Foto: Istimewa)

BOGOR, iNews.id - Pada Januari hingga Februari 2021, wilayah Jawa Barat diprediksi memasuki periode puncak musim hujan. Karena itu perlu diwaspadai potensi cuaca ekstrem, seperti hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Diprediksi pula saat puncak musim hujan berlangsung, bakal terjadi puting-beliung, hujan ringan, dan sedang yang berlangsung secara terus-menerus. Kondisi ini rawan berpotensi menimbulkan banjir bandang.

Kepala Stasiun Klimatologi Bogor Abdul Mutholib mengatakan, pada Selasa 19 Januari 2021, berdasarkan laporan WhatsApp Group (WAG) warga setempat, telah terjadi banjir bandang di Perkebunan Teh Gunung Mas Kampung Rawa Dulang RT 02/03 Desa Tugu Selatan Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor dan sekitarnya.

Akibat banjir bandang tersebut, kata Abdul, mengakibatkan pohon tumbang dan menutup akses jalan warga. Sehingga, lokasi kejadian banjir bandang menjadi terisolasi. 

Curah hujan dengan intensitas ekstrem, kata Abdul, tercatat pada Pos Hujan Gunung Mas Puncak sebesar 107,5 milimeter atau hujan sangat lebat. Sedangkan dari pos pengamatan Naringgul Puncak, tercatat curah hujan sebesar 112 mm. 

"Berdasarkan pantauan citra radar, tampak terjadi pergerakan awan hujan dari arah Barat hingga Barat Laut ke wilayah wilayah Cisarua Bogor dalam durasi lama dan bersifat terus menerus dari siang hingga dini hari, yakni pukul  10.46 – 05.00 WIB. Kondisi curah hujan yang cukup tinggi tersebut berpotensi memicu luapan air sungai dan mengakibatkan banjir di sekitar daerah aliran sungai," kata Abdul melalui keterangan resminya, Selasa (19/1/2021).

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2