Bantu Pemetaan Kampus, 4 Mahasiswa Unpad Kembangkan Perangkat Lunak Jagawana Padjadjaran

Arif Budianto ยท Senin, 19 September 2022 - 11:35:00 WIB
Bantu Pemetaan Kampus, 4 Mahasiswa Unpad Kembangkan Perangkat Lunak Jagawana Padjadjaran
Empat mahasiswa Unpad kembangkan software Jagawana Padjadjaran. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Perangkat lunak (software) bernama Jagawana Padjadjaran berbasis portal web berhasil dikembangkan mahasiswa Program Studi Geofisika Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran (Unpad). Perangkat ini memiliki kemampuan pada bidang penginderaan jauh untuk memantau aset lahan di lingkungan Unpad. 

Pembuatan dan pengembangan Jagawana Padjadjaran sebagaimana dikutip dari Kanal Media Unpad, dilakukan oleh empat mahasiswa Geofisika Unpad angkatan 2019, yang terdiri dari Tubagus Nur Rahmat Putra, Rania Alifa Desenaldo, Catherine Andrea Lowis, dan Ahmad Wadi Muntashir dengan dosen pembimbing Dr Irwan Ary Dharmawan. 

Jagawana Padjadjaran merupakan software untuk pendataan dan monitoring aset lahan Unpad berbasis penginderaan jauh. Perangkat lunak ini dikemas secara ramah pakai untuk memudahkan para penggunanya.  

Beberapa fitur yang dapat digunakan, yaitu: perhitungan floor area ratio dan urban green space pada setiap kampus, fitur perhitungan luas area berdasarkan poligon yang dibuat oleh pengguna, analisis Vertical Displacement, pemetaan potensi lahan serta beberapa indeks parameter fisis di semua aset yang dimiliki oleh Unpad.  

Secara visualisasi, software ini menampilkan beragam jenis peta beserta legendanya, fitur split panel untuk membandingkan dua peta yang berbeda, grafik dan tabel informasi.  

Lebih lanjut dijelaskan, perangkat lunak ini terintegrasi dengan aplikasi peta digital Google Maps untuk mengetahui lokasi kampus Unpad, Google Drive yang berisi peta-peta untuk kebutuhan pengolahan lanjutan, dan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAT) Sarpras Unpad. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: