Aplikasi Pikobar di Jabar Belum Maksimal Dorong Vaksinasi

Arif Budianto · Senin, 22 November 2021 - 11:50:00 WIB
Aplikasi Pikobar di Jabar Belum Maksimal Dorong Vaksinasi
Situs Pikobar petas sebaran virus corona (Foto situs Pikobar)

BANDUNG, iNews.id - Aplikasi Pikobar yang dikembangkan Pemprov Jabar dinilai belum maksimal untuk mendorong vaksinasi bagi masyarakat. Aplikasi ini mesti dilakukan pengembangan lebih lanjut sehingga semakin mudah diakses warga dan memiliki fitur lengkap.

Menurut Kepala Perwakilan Ombudsman Perwakilan Provinsi Jawa Barat Dan Satriana, Pemprov Jabar mestinya bisa lebih maksimalkan aplikasi Pikobar dalam mendorong vaksinasi di Jawa Barat. Saat ini, vaksinasi di Jabar belum kembali target, masih tersisa sekitar 20 persen lagi. 

"Pemanfaatan aplikasi Pikobar milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat dinilai belum maksimal dalam kegiatan vaksinasi Covid-19. User Interface yang rumit dalam pencarian tempat vaksinasi Covid-19 membuat masyarakat kurang memanfaatkan aplikasi tersebut," kata dia dalam siaran persnya, Senin (22/11/2021).

Padahal, masyarakat sangat membutuhkan informasi terkait tempat pelaksanaan vaksinasi Covid-19. "Kami menyarankan agar Pikobar bisa menyusun rancangan fitur permohonan vaksin dan penunjang lainnya," ujar dia.

Seperti permohonan logistik vaksinasi Covid-19 sebagai upaya Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam membantu Penyelenggara vaksinasi Covid-19. Fitur ini diharapkan bisa membekckup logistik yang mengalami kekurangan atau kehabisan vaksin dan penunjang  vaksinasi Covid-19.

Ombudsman Jabar juga menyarankan agar Pikobar bisa menyusun User Interface yang mudah digunakan oleh masyarakat dalam pencarian tempat vaksinasi Covid-19. Kemudian data itu bisa diperbaharui secara real time dan berkala serta menyusun pengelolaan pengaduan kegiatan vaksinasi Covid-19.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: