Vaksinasi Sejumlah Kabupaten dan Kota di Jabar Rendah, Capaian Baru 69 Persen

Adi Haryanto · Jumat, 12 November 2021 - 15:32:00 WIB
Vaksinasi Sejumlah Kabupaten dan Kota di Jabar Rendah, Capaian Baru 69 Persen
Vaksinasi Covid-19 di Jawa Barat saat ini baru mencapai 69 persen karena ada sebagian kabupaten/kota yang progresnya masih rendah. (Foto: Dok.MPI)

CIMAHI, iNews.id - Cakupan vaksinasi Covid-19 di sejumlah daerah di Jawa Barat hingga saat ini masih rendah. Hal tersebut disebabkan karena beberapa faktor, salah satunya wilayah sasaran sangat luas.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Nina Susana Dewi menyebutkan, beberapa daerah yang cakupan vaksinasi Covid-19 masih rendah seperti di Sukabumi dan Bogor. Untuk itu dimomen Hari Kesehatan Nasional (HKN) diharapkan vaksinasi di daerah-daerah bisa ada percepatan.

"Bogor dan Sukabumi termasuk yang capaian vaksinnya masih rendah. Mungkin karena daerahnya cukup luas dan masyarakatnya banyak jadi perlu waktu yang lumayan lama," kata Nina usai menghadiri peringatan HKN di Kota Cimahi, Jumat (12/11/2021). 

Dia mencontohkan, di Sukabumi masih ada daerah terpencil dan medannya jauh, sehingga sulit terjangkau. Berbeda dengan kawasan perkotaan seperti Kota Cimahi atau Kota Bandung, yang meski penduduknya padat namun dari aksesibilitas mudah dijangkau.

Nina mengatakan, cakupan vaksinasi Covid-19 secara keseluruhan di 27 kabupaten/kota di Jawa Barat baru mencapai sekitar 69 persen. Dirinya berharap di akhir Desember mendatang cakupannya sudah mencapai minimal di angka 70 persen.

"Di akhir tahun ini untuk beberapa kabupaten/kota ada yang sudah bisa mencapai 70 persen. Tapi kemungkinan ada beberapa kota/kabupaten yang bisa mencapai itu tahun 2022 atau 2023," tuturnya. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: