Antisipasi Penumpukan Sampah di Citarum, Pangdam Siliwangi Serahkan Motor Pengangkut

Agus Warsudi ยท Jumat, 05 November 2021 - 19:51:00 WIB
Antisipasi Penumpukan Sampah di Citarum, Pangdam Siliwangi Serahkan Motor Pengangkut
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto menyerahkan 40 unit motor pengangkut sampah ke 23 Dansektor Satgas Citarum Harum. (Foto: Pendam Siliwangi)

BANDUNG, iNews.id - Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto menyerahkan 40 unit sepeda motor pengangkut sampah kepada 23 Komandan Sektor (Dansekstor) Satgas Citarum Harum di Taman Pule Makodam III/Siliwangi Jalan Aceh, Kota Bandung, Jumat (5/11/2021). Armada tersebut digunakan untuk mengantisipasi penumpukan sampah yang terbawa arus air sungai.

“Sampah merupakan salah satu permasalahan di Indonesia. Di Karawang, sungai bagus tetapi sampahnya tidak karuan. Saya berpikir harus bagaimana supaya masyarakat merasa malu membuang sampah sembarangan,” kata Pangdam Siliwangi.

Mayjen TNI Agus Subiyanto menyatakan, para Dansektor harus aktif memberitahu para kepala desa dan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarang, apalagi ke sungai. 

"Sampah bisa diletakkan di depan rumah. Kemudian diatur yang mengambilnya atau cari warga untuk jadi tukang sampah dan dibayar tiap bulan. Pasti ada yang mau," ujar Mayjen TNI Agus Subiyanto.
 
Para Dansektor Satgas Citarum Harum, tutur Pangdam, harus berinovasi untuk memecahkan masalah sampah. "Bagaimana sungai jadi bersih dan pemanfaatannya bisa dibuat untuk rekreasi, penghijauan ataupun kegiatan kesejahteraan masyarakat," tutur Pangdam.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: