Aliran Irigasi di Karawang Seret, Wabup Karawang Minta PJT 2 Jatiluhur Tambah Suplai Air

Nilakusuma ยท Selasa, 23 Maret 2021 - 18:38:00 WIB
Aliran Irigasi di Karawang Seret, Wabup Karawang Minta PJT 2 Jatiluhur Tambah Suplai Air
Waduk Jatiluhur , Kabupaten Purwakarta berfungsi sebagai irigasi untuk areal sawah di sejumlah daerah, salah satunya di Karawang. (Foto: dok)

KARAWANG, iNews.id - Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepuloh merespons cepat keluhan petani di sejumlah kecamatan yang sawahnya mulai kesulitan air. Puluhan hektare sawah harus kekurangan suplai air dari Waduk Jatiluhur, Purwakarta.

"Saya sudah hubungi PJT 2 Jatiluhur yang mengelola air irigasi agar segera menambah suplai air ke sawah petani yang kekurangan air. Beberapa kecamatan sudah mulai dialiri air hingga ke sawah petani. Sementara kecamatan lainnya masih dilakukan penambahan air agar sampai ke sawah petani," kata Aep Syaepuloh,  Selasa (23/3/21).

Menurut Aep, empat kecamatan yaitu Kecamatan Rengasdengklok, Cibuaya, Pedes, dan Pakisjaya paling parah kekurangan air dari irigasi. Padahal petani baru saja melakukan musim tanam hingga masih membutuhkan pasokan air. 

"Kami sudah meminta PJT 2 segera mengatasi kesulitan petani jangan sampai tanaman padi terganggu," katanya. 

Aep mengatakan, air di saluran irigasi mengalami kelambatan karena saluran irigasi mengalami pedangkalan. Oleh karena itu perlu pasokan air lebih banyak agar air cepat sampai ke sawah patani. 

"Sedang diatasi dan beberapa kecamatan sudah mulai mengalir air irigasi. Untuk wilayah Karawang Utara seperti Kecamatan Pakisjaya masih diupayakan penambahan air hingga sampai ke sawah petani," ujarnya.

Sebelumnya, sejumlah petani di beberapa kecamatan mengeluh karena pasokan air dari saluran irigasi sangat sedikit. Padahal petani baru saja melakukan tanam padi dan sangat membutuhkan air. Petani meminta pemerintah segera turun tangan mengatasi kesulitan air tersebut.  

"Sudah kita tangani secepatnya selesai," ucap Aep.  

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: