Pemkot Bandung Siapkan Strategi Zero Delta Q Policy untuk Atasi Banjir

Arif Budianto ยท Selasa, 23 Maret 2021 - 16:28:00 WIB
Pemkot Bandung Siapkan Strategi Zero Delta Q Policy untuk Atasi Banjir
Banjir cileuncang (genangan) di jalan kerap melanda sejumlah kawasan di Kota Bandung saat hujan deras terjadi. (Foto: Dokumentasi)

BANDUNG, iNews.id - Pemerintah Kota Bandung membuat strategi zero delta Q policy menghadapi potensi terjadinya banjir dan genangan air di sejumlah titik. Konsep ini diharapkan dapat meminimalisir banjir saat debit air hujan cukup tinggi. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan, konsep zero delta Q policy atau kebijakan selisih debit nol. Artinya penanganan tata kelola air hujan dialirkan sesuai kapasitas saluran yang ada dan tidak boleh meninggalkan genangan.

"Jadi kalau kapasitas untuk 10 maka yang dialirkan 10 dan sisanya diparkir atau diresapkan. Sehingga sejak 2019 program DPU banyak membuat sumur resapan dan parkir air berupa kolam retensi," kata Kepala DPU Kota Bandung Didi Ruswandi pada acara "Bandung Menjawab" di Auditorium Balai Kota Bandung, Selasa (23/3/2021).

Menurut dia, keberadaan kolam retensi dapat bermanfaat pada saat datang musim kemarau. Yakni untuk menambah cadangan air. Selain itu menjadi strategi untuk mengurangi debit air berlebih pada saat musim hujan. "Kita membuat kolam retensi di Cipamulihan Gedebage. Alhmdulliah genangan masih ada tapi tidak memacetkan lalu lintas," ujarnya.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: