Pemkot Bandung Siapkan Strategi Zero Delta Q Policy untuk Atasi Banjir

Arif Budianto ยท Selasa, 23 Maret 2021 - 16:28:00 WIB
Pemkot Bandung Siapkan Strategi Zero Delta Q Policy untuk Atasi Banjir
Banjir cileuncang (genangan) di jalan kerap melanda sejumlah kawasan di Kota Bandung saat hujan deras terjadi. (Foto: Dokumentasi)

Kemudian pada 2021, tutur Didi, Pemkot Bandung akan melanjutkan pembangunan kolam retensi Bima guna meminimalisir terjadinya genangan di kawasan Pagarsih, namun dengan pola yang alamiah. 

"Jadi kalau air banjir itu sedimen masuk semua ke kolam. Jadi ketika kolam tergenang, kita pompa dan air akan surut. Sehingga ketika air hujan datang kembali kita sudah siap," tutur Didi.

Di samping itu, program menabung air hujan dengan teknik drumpori dan sumur resapan (sumur imbuhan dalam) juga terus dilakukan guna menanggulangi permasalahan banjir. Pasalnya selama ini banjir terjadi karena kurangnya resapan, sehingga air yang melimpah kemudian melimpas ke sungai, dan drainase tidak mampu menampung. 

"Tahun ini di samping meneruskan program drum pori, kita akan membuat sumur imbuhan dalam di 20 titik. Kemudian kita juga terus menanam pohon. Seperti di Kanhai itu 19 hektar kita tanami. Tahun ini berlanjut untuk penanaman," ucapnya.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: