Ada Jalan Bhayangkara di Majalengka sejak 1950, Begini Kisahnya

Inin nastain · Kamis, 01 Juli 2021 - 15:03:00 WIB
Ada Jalan Bhayangkara di Majalengka sejak 1950, Begini Kisahnya
Jalan Bhayangkara di Kelurahan Majalengka Wetan, Kecamatan/Kabupaten Majalengka. (Foto: Inin Nastain)

MAJALENGKA, iNews.id - Tanggal 1 Juli memiliki arti besar bagi institusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Hari Bhayangkara diperingati pada tanggal itu mengacu kepada momentum terpisahnya institusi Polri dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada 1 Juli 1946 silam. 

Di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat momen Bhayangkara ini diabadikan dalam bentuk nama jalan. Jalan Bhayangkara sepanjang sekitar 50 meter terletak di dekat Pendopo Majalengka, tepatnya di Kelurahan Majalengka Wetan. 

Penamaan Jalan Bhayangkara itu berawal dari dibangunnya kantor polisi di di samping ruas jalan itu. Kantor polisi dibangun saat masa Bupati Majalengka ke 13 Rd Moch Nur Atmadibrata. 

“Ada catatan dalam buku ‘Sewindu di Majalengka Maret 1950-Maret 1958 yang merupakan catatan Bupati Majalengka ke-13, Rd. Moch. Nur Atmadibrata disebutkan bahwa beliau (bupati) membangun kantor polisi di daerah yang sekarang disebut Jalan Bhayangkara itu," kata pegiat sejarah dari Grup Madjalengka Baheula (Grumala) Naro saat berbincang dengan MPI, Kamis (1/7/2021). 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: