66 Pelaku UMKM di Kawasan Geopark Ciletuh Ikut Diklat Pemanfaatan Bambu

Agus Warsudi · Minggu, 14 November 2021 - 10:37:00 WIB
66 Pelaku UMKM di Kawasan Geopark Ciletuh Ikut Diklat Pemanfaatan Bambu
Penutupan diklat UMKM yang digelar Dekranas dan PPSDM Geominerba di Gedung Widaria Kencana, Sukabumi Sabtu (13/11/2021),

Para peserta diajarkan beberapa desain baru dalam mengolah material bambu yang dikombinasikan dengan material lain, seperti kain suede, rotan, dan lain-lain. Pada hari terakhir, Sabtu 13 November 2021, peserta diajarkan juga packaging produk dan pemotretan. Di akhir acara, para peserta memamerkan hasil karyanya di depan para narasumber dan tamu undangan lainnya pada stan bazar.

Kepala PPSDM Geominerba Bambang Utoro mengatakan, dengan mengikuti Diklat Pengembangan UMKM di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi ini, para pelaku UMKM industri kreatif diharapkan dapat meningkatkan variasi produk. Tidak terbatas pada bambu, tetapi dapat dikombinasikan dengan material atau bahan lain. 

"Semoga dengan diklat ini, produk-produk dari teman-teman pengajin semakin bervariatif, berkualitas, kapasitasnya produksinya meningkat serta jangkauan pemasarannya semakin luas, baik dari wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara, baik dipasarkan secara langsung (offline) maupun melalui laman daring sosial media," kata Kepala PPSDM Geominerba. 

Ketua Bidang Wira Usaha Baru Dekranas Endang Budi Karya Sumadi mengatakan, Diklat Pengembangan UMKM di Kawasan UGGp Ciletuh dengan Tema “Pengembangan Kerajinan Berbahan Baku Bambu” adalah salah satu upaya Dekranas bersama-sama Kementerian ESDM dan PPSDM Geominerba untuk mendorong munculnya para pelaku usaha kecil dan menengah dengan memanfaatkan potensi bambu. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: