5 Daerah Ini Diprediksi Paling Terdampak Gempa Bumi M6,8 akibat Aktivitas Sesar Lembang

Arif Budianto ยท Senin, 18 Oktober 2021 - 17:27:00 WIB
5 Daerah Ini Diprediksi Paling Terdampak Gempa Bumi M6,8 akibat Aktivitas Sesar Lembang
Sesar Lembang membentang sepanjang 29 km dari Lembang, Kabupaten Bandung Barat hingga Jatinangor, Sumedang. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandung merilis skenario jika aktivitas Sesar Lembang mengakibatkan gempa bumi berkukuatan Magnitudo 6,8. Lima daerah paling terdampak gempa M6,8 itu antara, Kota/Kabupaten Bandung, Cimahi, Bandung Barat, dan Purwakarta.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu mengatakan, kendati belum ada teknologi yang bisa memprediksi kapan bencana tersbeut akan terjadi, namun warga harus melakukan mitigasi sejak dini.

"Wilayah Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung, Bandung, dan Purwakarta diprediksi akan mengalami guncangan skala VI-VII atau dampaknya kerusakan sedang," kata Kepala BMKG Stasiun Geofisikas Bandung, Senin (18/10/2021).

Teguh Rahayu menyatakan, di lima daerah tersebut, diperkirakan akan banyak kecamatan terdampak jika gempa bumi akibat Sesar Lembang.

Di Kabupaten Bandung Barat, misalnya, diprediksi ada delapan kecamatan yang akan mengalami dampak kerusakan sedang skala VI hingga VII. Delapan kecamatan itu adalah Kecamatan Cisarua, Lembang, Ngamprah, Parongpong, Batujajar, Cikalong Wetan, Padalarang, Saguling.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: