Mitigasi Gempa Bumi, Ini Prediksi Kerusakan Bangunan akibat Sesar Lembang

Arif Budianto ยท Senin, 18 Oktober 2021 - 16:14:00 WIB
Mitigasi Gempa Bumi, Ini Prediksi Kerusakan Bangunan akibat Sesar Lembang
BMKG memprediki gempa akibat Sesar Lembang berkekuatan maksimun M6,8. (Foto: Ilustrasi)

BANDUNG, iNews.id - Pergerakan Sesar Lembang yang diprediski bakal menyebabkan gempa bumi hingga saat ini masih menjadi misteri. Namun sebagai warga Bandung, diminta bisa memitigasi dan mengantisipasi jika sewaktu-waktu bencana tersebut datang. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sendiri, saat ini telah membuat skenario peta guncangan dengan sumber gempa bumi di Sesar Lembang. Skenario ini dimaksudkan agar masyarakat waspada dan bisa aware terhadap potensi bencana di wilayahnya.

Menurut Kepala BMKG Stasiun Bandung Teguh Rahayu, berdasarkan rumus empiris Wall dan Copersmith 1994, potensi gempa bumi yang ditimbulkan aktivitas sesar Lembang, diprediksi memiliki kekuatan gempa maksimum sebesar M6,8.

Pusat gempa diprediksi terjadi di sebelah barat Kota Bandung, dan selatan Cimahi, serta utara (BMKG menandai dengan bintang hitam). "Dampak yang disebabkan berkisar 120 - 220 gal atau VI – VII MMI," kata dia, Senin (18/10/2021).

Untuk dampak skala VI hingga VII MMI, masyarakat akan berhamburan keluar rumah. Kemudian terjadi kerusakan ringan pada rumah-rumah atau gedung dengan bangunan dan konstruksi yang baik. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: