48 Anggota Panwascam Terpilih Dites Urine, Positif Narkoba Digugurkan

Adi Haryanto ยท Kamis, 27 Oktober 2022 - 18:56:00 WIB
48 Anggota Panwascam Terpilih Dites Urine, Positif Narkoba Digugurkan
BNN KBB melakukan tes urine kepada sebanyak 48 anggota Panwascam KBB yang telah dinyatakan lulus sebagai salah satu upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba sejak dini, Kamis (27/10/2022). (Foto: Ilustrasi)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung Barat (KBB) bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) KBB melakukan tes urine kepada 48 anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) yang baru terpilih. Pelaksanaan tes urine tersebut dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian untuk anggota Panwascam se-KBB yang sudah diumumkan lolos tes. 

Sebagai syarat pelantikan, mereka harus melampirkan surat keterangan bebas dari penyalahgunaan narkoba.

"Kalau ada dari merema yang positif narkoba, akan dikembalikan ke pedoman pembentukan Panwascam se-nasional yang dikeluarkan Ketua Bawaslu RI. Yakni status keanggotaan Panwascamnya bisa dibatalkan," kata Koordinator Sekretariat Bawaslu KBB, Agnes Virganti, Kamis (27/10/2022).

Dia menegaskan, salah satu syarat untuk menjadi Panwascam adalah tidak dalam penyalahgunaan narkoba yang dibuktikan dengan surat keterangan. Sehingga otomatis jika hal tersebut dilanggar atau tidak dapat dibuktikan dengan surat keterangan secara tertulis dari lembaga berwenang maka tidak memenuhi persyaratan.

Selain tes urine, lanjut dia, Bawaslu KBB juga melakukan MoU dengan BNN KBB terkait dengan pencegahan pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkotika di wilayah KBB. Diharapkan bisa menekan peredaran dan penyalahgunaan narkoba di masyarakat.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: