2 Layanan RSUD Sumedang yang Sempat Ditutup Kembali Buka

Beben HVA ยท Sabtu, 20 Juni 2020 - 08:54 WIB
2 Layanan RSUD Sumedang yang Sempat Ditutup Kembali Buka
Suasana pelayanan di RSUD Sumedang (Foto: iNews/Beben HVA)

SUMEDANG, iNews.id - RSUD Sumedang, Jawa Barat (Jabar) kembali membuka dua layanan poli telinga hidung tenggorokan (THT) dan poli bedah. Sebelumnya, layanan dihentikan karena pasien Covid-19 tidak jujur saat menjalani rawat jalan di rumah sakit tersebut.

Perawat RSUD Sumedang Enok Maryati menuturkan, ada pemudik yang dinyatakan positif Covid-19. Saat dilakukan screening, pasien rawat jalan itu tidak jujur kalau datang dari luar daerah Sumedang.

"Jadi pas screening awal, pasien itu enggak bilang kalau dari luar kota pas diperiksa tubuh. Ternyata pas Jumat kemarin ketahuan ada yang positif," ucap Enok Maryati

Enok menuturkan kalau semua petugas medis yang saat itu bertugas menjalani tes swab. Selama menunggu hasil tes, semua layanan dihentikan.

"Tahunya pas sore, kaget juga. Yang tugas di sini semuanya di tes swab. Kemarin kami tidak kerja. Baru boleh masuk pas hasilnya negatif," ucapnya.

Humas RSUD Sumedang, Iman Budiman menjelaskan, saat itu ada 27 petugas yang berjaga di area pemeriksaan pasien Covid-19. Rumah sakit langsung mengambil keputusan menutup layanan poli THT dan bedah.

"Alhamdulillah hasil swab rekan kami ke 27 orang itu yang dikirim ke Bandung, hasilnya negatif," ujarnya.

Mulai Senin (22/6/2020) dua layanan tersebut akan dibuka kembali. Namun, jam operasionalnya diubah yakni untuk poli THT pada Senin, Selasa, Kamis dan poli bedah Senin, Rabu, Kamis.

"Mulai minggu depan aktivitas pelayanan poli THT dan bedah sudah bisa dibuka. Cuma ada pergeseran hari saja," kata Iman.


Editor : Nani Suherni