2 Emak-emak Copet di Tasikmalaya Ditangkap setelah Belasan Kali Beraksi 

Asep Juhariyono · Selasa, 29 Juni 2021 - 19:29:00 WIB
2 Emak-emak Copet di Tasikmalaya Ditangkap setelah Belasan Kali Beraksi 
Dewi Suci Lestari dan Mila Karmila, dua emak-emak tersangka copet diperiksa polisi. (Foto: iNews/Asep Juhariyono)

Dari tangan kedua tersangka, kata Aiptu Ruhana Efendi, polisi berhasil mengamankan 16 unit handphone berbagai jenis dan merek. Semua barang bukti hasil pencopetan itu sudah dijual kepada seorang penadah dengan harga antara Rp400.000 hingga Rp1 juta.

"Dalam melakukan aksinya, tersangka Dewi Suci dan Mila Karmila selalu bekerja sama. Jika sudah menemukan calon korban, satu pelaku mengalihkan perhatian korban. Pelaku lain mengambil barang milik korban," ujar Aiptu Ruhana Efendi.

Berdasarkan pengakuan kedua tersangka kepada penyidik, tutur Kanit Reskrim, mereka sudah 16 kali melakukan aksi pencopetan HP. Hasil mencopet dijual di bawah harga pasaran. 

"Akibat perbuatanya kedua tersangka dijerat Pasal 363 dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. Tersangka saat ini mendekam di sel tahanan Polsek Cihideung untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya dan menjalani proses hukum lebih lanjut," tutur Kanit Reskrim.

Sementara itu, Siti Nurhasanah (36), satu dari belasan korban pencopetan, mengatakan, saat kejadian dirinya sedang berada di Pasar Kojengkang Dadaha untuk belanja. Saat asyik berbelanja, ternyata dua pelaku telah mengikutinya. 

Pelaku menggasak HP merek Oppo F7, uang tunai Rp800.000, dan dompet merek Fosil seharga Rp2,2 juta. "Bersukur akhirnya kedua pelaku berhasil ditangkap petugas Polsek Cihideung dan HP saya bisa kembali ditemukan," kata Siti.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: