17 Orang Positif Covid-19, Satu Dusun di Karawang Lockdown

Nilakusuma ยท Rabu, 02 Juni 2021 - 17:36:00 WIB
17 Orang Positif Covid-19, Satu Dusun di Karawang Lockdown
Dusun Waluya, Kabupaten Karawang di-lockdown karena 17 orang terpapar Covid-19. (Foto: iNews.id/Nilakusuma)

KARAWANG, iNews.id - Satu dusun di Kabupaten Karawang terpaksa di-lockdown menyusul 17 warganya terkonfirmasi positif Covid-19. Wilayah dikarantina lokal tersebut, yakni Dusun Waluya RT 04, Desa Kutawaluya, Kecamatan Kutawaluya, Karawang.

Belasan warga itu harus isolasi mandiri di rumahnya, sedangkan 69 warga yang pernah kontak erat harus menjalani tes swab PCR secara massal. Kebijakan lockdown itu terpaksa dilakukan lantaran dalam satu RT lebih dari lima orang dinyatakan positif Covid-19.

Tenaga Kesehatan Puskesmas Kutawaluya, Suhendi, mengatakan di Dusun Waluya terdapat 130 KK yang tinggal saat dilakukan lockdown pada 29 Mei-7 Juni 2021. Semula kebijakan lockdown ini dilakukan diam-diam karena tidak ingin menimbulkan kepanikan warga terdekat. 

"Tapi karena kabarnya sudah menyebar ya kita terbuka saja sekarang," kata Suhendi, Rabu (5/6/2021).

Menurut Suhendi, warga Dusun Waluya saat ini masih menunggu hasil tes PCR 69 warga yang pernah kontak erat dengan mereka yang positif. Sebelumnya 69 warga sempat menjalani tes antigen dengan hasil negatif. 

"Mungkin karena masih belum yakin akhirnya dilakukan tes PCR. Hasilnya masih menunggu dua hari," katanya.

Sebelumnya Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana meminta setiap camat mengantisipasi penyebaran covid-19 pasca-Lebaran. Pasalnya pasca-Lebaran telah terjadi klaster keluarga di tiga kecamatan yang salah satunya di Kecamatan Kutawaluya. Bahkan Cellica meminta dilakukan lockdown di setiap RT jika ada lebih lima orang warga yang terpapar. 

"Kami hanya mengatispasi karena setelah Lebaran ini penyebarannya cukup cepat," kata Cellica.     

Editor : Asep Supiandi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: