Ekhel Chandra Wijaya menyatakan, jumlah perempuan pegiat UMKM di Tokopedia juga mengalami peningkatan sebesar 2,5 kali lipat di tahun 2021 dibanding dengan tahun 2020. Pekanbaru, Palembang, Pekalongan, Denpasar dan Balikpapan menjadi beberapa kota dengan peningkatan jumlah perempuan pegiat UMKM paling tinggi di 2021.
Sedangkan peningkatan tertinggi jumlah pembeli terjadi di Bandung, Grobogan, Malang, Palembang, dan Semarang. Seiring meningkatnya penjual UMKM, e-commerce terus menghadirkan berbagai kampanye demi mendukung tumbuh kembang pelaku UMKM lokal.
Untuk mencapai tujuan tersebut, Hyperlocal menginisiasi salah satu kampanye yang menguntungkan penjual, yakni Kumpulan Toko Pilihan (KTP). Dengan mengusung teknologi geo-tagging, kampanye KTP bertujuan untuk mendekatkan UMKM di seluruh penjuru Indonesia dengan pembeli setempat agar punya kesempatan sama untuk bertumbuh.
Editor : Agus Warsudi
belanja online belanja online umkm Pesta belanja online Tips belanja online e-commerce data e-commerce penjualan e-commerce platform e-commerce transaksi e-commerce lebaran 2022
Artikel Terkait