Kapal tanker Endrico 3 terdampar Pantai Sancang, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Selasa (8/3/2022) malam. (FOTO: BASARNAS BANDUNG)
fani ferdiansyah

GARUT, iNews.id - Sebuah kapal tanker dilaporkan terdampar di Pantai Sancang, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Selasa (8/3/2022) malam. Diduga kuat, kapal tanker Endrico 3 itu terdampar karena salah mengambil jalur pelayaran.

“Kapal ini diketahui berasal dari perusahaan Makasar, Sibolga, Sumatera Utara. Tadi malam sekitar pukul 19.30 WIB terdampar di perairan Pantai Selatan Garut, wilayah Sancang, Kecamatan CIbalong,” kata Kapolsek Cibalog AKP Saef Balya saat dikonfirmasi Rabu (9/3/2022).

AKP Saef Balya menyatakan, kondisi air pasang membuat petugas sempat tidak bisa berkomunikasi dengan para ABK saat kapal tersebut terdampar. “Baru tadi setelah air laut surut, kami bisa berkomunikasi dengan kapten kapal,” ujarnya.

Dari keterangan kapten kapal tanker Endrico 3, tutur Kapolsek Cibalong, mereka berangkat dari Sibolga menuju Cilacap untuk mengambil aspal. Dari komunikasi itu pun diketahui kapal tersebut mengangkut 15 orang awak.

“Sudah disuruh turun, tapi mereka memilih untuk bertahan di dalam kapal dengan alasan menunggu perintah dari perusahaan. Katanya menunggu jemputan kapal boat hari ini sampai nanti malam. Bila tidak ada jemputan juga, baru mereka akan turun dari kapal,” tutur Kapolsek Cibalo g.

Sementara itu, Analis Pencarian dan Pertolongan Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Bandung Joshua Banjarnahor mengatakan, sebelum terdampar kapal terlihat melaju terlalu dekat dengan garis pantai. 

“Berdasarkan keterangan saksi di daratan, kapal terlihat berlayar terlalu dekat dengan garis pantai. Pada pukul 22.00 WIB kapal ini mengirimkan sinyal emergency. Baru pada 22.30 WIB tim mendekat ke lokasi,” kata Joshua.

Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, tambah Joshua, tim SAR dan aparat dari instansi terkait bersiaga di kawasan tersebut.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT