Warga Kampung Adat Miduana Cianjur berumur panjang. Rahasianya, pola hidup sehat. (FOTO: ISTIMEWA)
Agus Warsudi

CIANJUR, iNews.id - Sebagian besar warga Kampung Adat Miduana, Desa Balegede, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur, berumur panjang. Pola hidup sehat sebagai rahasia umur panjang warga Kampung Adat Miduana itu membikin penasaran masyarakat lain, bahkan dunia.

Ketua Yayasan Kebudayaan Lokatmala Indonesia Wina Rezky Agustina yang konsen sejak setahun terakhir mendampingi dan melakukan penelitian di Kampung Adat Miduana, mengatakan, berdasarkan catatan yang dimiliki banyak warga dari luar Miduana termasuk peneliti dan media asing, tertarik datang ke Miduana.

Salah satu yang menjadi daya tarik, selain soal kepercayaan dan adat istiadat yang masih dipegang teguh adalah pola hidup sehat yang mereka tanamkan. 

“Di Miduana, banyak warga yang berumur panjang dan jarang sakit. Salah satunya karena memang mereka memiliki pola hidup sehat,” kata Wina saat menjadi salah satu narasumber pada liputan yang dilakukan Al Jazeera English TV International di Kampung Adat Miduana Balegede Cianjur Selatan, Rabu (21/9/2022).

Kru televisi internasional Al Al Jazeera Satellite Network didampingi Ketua Yayasan Lokatmala Indonesia Wina Rezky Agustina datang untuk menguak rahasia umur panjang Kampung Adat Miduana Cianjur. (FOTO: ISTIMEWA)

Televisi berita internasional yang dimiliki Al Jazeera Satellite Network itu sengaja datang ke Miduana untuk melakukan liputan langsung terkait pola hidup sehat yang menyebabkan warga adat Miduana banyak yang berusia panjang dan sehat.

Wina yang didampingi Ketua Dewan Adat Miduana, Rustiman, Kokolot Adat, Abah Yayat, serta Karangtaruna Jiwa Sadana menyambut baik banyak orang yang datang dan tertarik ke
Miduana.

“Kami berharap pemerintah bisa segera melakukan revitalisasi dan dapat memberikan perlindungan secara khusus agar keberadaan Kampung Adat Miduana, baik seni, objek yang diduga cagar budaya (ODCB) dan seluruh sumber daya alam yang ada di dalamnya bisa terlindungi,” ujar Wina Rezky Agustina.

Menurut Wina, banyak tradisi dan kearifan lokal yang masih terpelihara di Miduana. Tidak terkecuali soal pola hidup sehat dan model pengobatan tradisional berbasis tanaman herbal yang masih digunakan.

Sejumlah warga Miduana seperti Aki Nana (92), Nenek Oceh (97), Mak Icih (103) semuanya penduduk Kubang Bodas Dusun Miduana adalah contoh dari banyak warga di sana yang masih tetap bugar ditengah umur mereka yang sudah renta.

“Hingga saat ini Aki masih bisa menengok kebun dan pergi ke sawah. Alhamdulillah masih sehat,” kata Aki Nana yang dikenal warga Miduana sebagai jawara dan mendapat sebutan Aki Areng.

Menurut Aki Nana, salah satu yang menyebabkan dirinya sehat adalah, sikap ikhlas dan menerima terhadap apa yang Tuhan berikan. Banyak minum air putih, makan lalapan (sayuran mentah), dan bangun pagi.

“Kadang kalau mau cari ikan Payo ke sungai untuk tambahan lauk,” sambung Aki Nana sebelum pelaksanaan acara Ngumbah Pusaka (mencuci pusaka) di Sungai Cipandak Miduana hari itu.

Hal sama dibenarkan oleh Mak Icih dan warga lain. “Kalau emak yang penting makanan itu jangan sampai kekenyangan dan bangun setiap hari sepagi mungkin,” kata Mak Icih dengan logat Sunda yang kental.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT