Pemotor yang melanggar lalu lintas di jalur pantura Indramayu diberi hadiah helm dan sepatu gratis. Tindakan ini sengaja dilakukan agar menumbuhkan rasa malu. (Foto: iNews.id/Andrian Supendi)
Andrian Supendi

INDRAMAYU, iNews.id - Polisi menyasar para pemotor yang melanggar lalu lintas itu saat melintas di jalur pantura, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, Sabtu (18/6/2022). Para pelanggar tidak disanksi, melainkan diganjar dengan helm dan sepatu gratis. 

"Sasaran dari pelaksanaan kegiatan Operasi Patuh Lodaya ini, kita menyasar para pengguna kendaraan sepeda motor yang tidak memakai helm, melawan arus, berboncengan lebih dari satu orang, knalpot bising, dan lain sebagainya," ujar Kapolres Indramayu, AKBP M Lukman Syarif, melalui Kapolsek Losarang, Kompol H Mashudi.

Kompol H Mashudi mengatakan, dalam pelaksanaan kegiatan Operasi Patuh Lodaya tersebut, pihaknya lebih mengedepankan upaya edukasi kepada masyarakat.

"Edukasi ini agar menumbuhkan rasa malu kepada masyarakat bila melakukan pelanggaran. Dengan budaya malu, diharapkan tumbuhnya tingkat kesadaran hukum yang tinggi bagi mereka yang melanggar, termasuk kesadaran berlalu lintas di jalan," katanya.


Selain itu, Lanjut Kompol H Mashudi, upaya memberikan sepatu ini sebagai bentuk kepedulian dan Cindra Mata kepada masyarakat jelang HUT ke-76 Bhayangkara, serta bertujuan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan selama berkendara.

"Karena kecelakaan dapat terjadi kapan pun, namun dengan memakai Sepatu setidaknya meminimalisasi risiko dari pengendara itu sendiri," tuturnya.

Selain memberikan edukasi, saat operasi tersebut Petugas Kepolisian juga memberikan sanksi sosial kepada pelanggar yang tidak memakai Helm dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya.




Editor : Asep Supiandi

BERITA TERKAIT