Warga menimbun lubang misterius di dapur rumah. (FOTO: FANI FERDIANSYAH)
fani ferdiansyah

GARUT, iNews.id - Lubang misterius muncul di dapur rumah warga Kampung Lewo Wetan, Desa Lewo Baru, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut. Akibatnya, dapur di rumah milik Juhandi itu rusak berat dan tak bisa digunakan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, lubang berdiameter 1,5 meter dengan kedalaman sekitar 1 meter itu muncul tiba-tiba dari bawah bangunan.
 
Ketua RW Kampung Lewo Wetan, Nova Wylian, menjelaskan bahwa lubang yang menganga bukan disebabkan oleh tanah bergerak. "Kalau dilihat bukan tanah bergerak, ini semacam lubang yang cukup besar ada di bawah bangunan," kata Nova kepada wartawan, Rabu (8/6/2022). 

Nova Wylian menyatakan, sebelum ambruk, pemilik rumah sempat menemukan retakan di area lantai dan dinding. Retakan ini, menjadi pertanda awal bahwa bangunan tersebut akan runtuh. "Tidak ada korban jiwa. Karena sebelumnya pemilik rumah sempat menyadari dengan munculnya retakan," ujarnya. 

Peristiwa ambruknya dapur rumah warga ini, ujar Nova Wylian, menyebabkan pemilik menderita kerugian belasan juta rupiah. Sebagai antisipasi, warga sekitar bergotong royong menutup lubang tersebut dengan puing-puing bangunan yang sebelumnya runtuh. 

Warga meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut untuk melakukan peninjauan ke lokasi. "Semoga pemerintah bisa langsung melakukan pengecekan. Sebab warga khawatir akan terjadi peristiwa susulan yang merembet ke rumah-rumah warga lainnya," tuturnya. 

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Satria Budi mengaku belum menerima informasi detail terkait ambruknya dapur rumah warga akibat lubang misterius itu. Budi menyatakan, pihaknya akan melakukan pengecekan ke lokasi pada Kamis (9/6/2022). 

"Kami dari BPBD baru mendengar informasi ini. Untuk memastikannya insyaAllah kami akan mengecek ke lokasi besok," kata Satria Budi.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT