Flyover Kopo, Kota Bandung, telah selesai 100 persen dan siap diuji coba untuk segera digunakan masyarakat. (FOTO: ANTARA)
Antara

BANDUNG, iNews.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan proyek pembangunan flyover atau jalan layang Kopo, Kota Bandung, telah rampung 100 persen. Flyover yang membentang dari perempatan Cibaduyut hingga Kopo tersebut siap diuji coba dan digunakan.
 
Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi Industri dan Lingkungan Endra S Atmawidjadja mengatakan, uji laik fungsi ini dilakukan guna memastikan kelaikan dan keamanan konstruksi jalan layang sebelum nanti dibuka untuk dilintasi masyarakat.

"Setelah dinyatakan aman dan sudah dirapikan semuanya, baru dilakukan uji coba lalu lintas (open traffic)," kata Endra dalam keterangan tertulis, Selasa (20/9/2022).
 
Endra S Atmawidjadja flyover sepanjang 1,3 kilometer itu akan diuji laik fungsi mulai Kamis (22/9/2022) pukul 00.00 WIB. Nanti arus lalu lintas kendaraan baik yang dari arah barat atau dari arah timur bisa menggunakan jalan layang tersebut.
 
Saat ini proses sosialisasi kepada masyarakat mengenai uji laik fungsi itu tengah dilakukan. Adapun kini jalan layang itu masih belum beroperasi selama 24 jam penuh dan hanya digunakan pada jam-jam sibuk.

Selama tahap uji laik fungsi, ujar Endra S Atmawidjadja, kendaraan yang diizinkan melintas adalah sepeda motor dan mobil berpenumpang, termasuk kendaraan berat dengan pembatasan.
 
Selain itu, kendaraan tidak diperbolehkan berhenti dan parkir di atas jalan layang. Para pengendara diwajibkan menjaga kebersihan, dan ketertiban di area flyover.
 
Diketahui, flyover Kopo dibangun sejak November 2020 hingga September 2022. Jalan layang itu membentang di atas Jalan Soekarno-Hatta, mulai dari sebelah timur perempatan Cibaduyut hingga sebelah barat perempatan Kopo.
 
Infrastruktur baru di Kota Bandung itu memiliki keunikan karena tidak menggunakan tiang untuk lampu penerangan jalan. Adapun lampu penerangan jalan di jalan layang itu dipasang di setiap sisi pembatas jalan.

Diberitakan sebelumnya, flyover bakal diuji coba selama satu pekan mulai Kamis 22 September 2022 pukul 00.00 WIB. Setelah uji coba selesai, Polrestabes Bandung akan mengevaluasi pengoperasian flyover yang membentang dari kawasan Cibaduyut hingga simpang Kopo itu.

Kepala Subunit Keamanan dan Keselamatan (Kasubnit Kamsel) Satlantas Polrestabes Bandung Ipda Isman mengatakan, setelah evaluasi dan dipastikan aman digunakan, flyover Kopo akan dibuka permanen sebagai akses transportasi. 

"Setelah tujuh hari (uji coba), akan dievaluasi lagi," kata Kanit Kamsel Satlantas Polrestabes Bandung kepada wartawan melalui sambungan telepon, Selasa (20/9/2022).

Ipda Isman menyatakan, dalam uji coba nanti, tidak ada penerapan rekayasa lalu lintas, baik di atas maupun bawah flyover. Arus lalu lintas di flyover itu diuji coba dua arah. "Kami fungsikan traffic light di empat penjuru, jadi tidak ada rekayasa jalur, tapi menormalkan kembali dua traffic light tersebut," ujar Ipda Isman.

Selama uji coba berlangsung, area putar balik atau u-turn di depan SPBU akan ditutup karena berbahaya. "Turunan dari arah barat ke timur ditutup ya u-turn (putar balik)-nya," tutur Kanit Kamsel Satlantas Polrestabes Bandung.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT