Ratusan warga Majalengka dirawat di rumah sakit akibat mengidap demam berdarah. (Foto: Ilustrasi/Ist.)
Inin nastain

MAJALENGKA, iNews.id - Di tengah pandemi Covid 19, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) mengancam Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Selama 2021 ini, RSUD Cideres sudah menangani ratusan pasien yang mengidap penyakit yang ditularkan nyamuk Aedes Aegypti itu.

Kasie Pelayanan Medis RSUD Cideres Kabupaten Majalengka, Pujianto mengatakan, pada periode Januari sampai Oktober 2021, sudah ada 110 kasus DBD yang ditangani di RS Cideres. Kasus tersebut dialami oleh berbagai kalangan usia, termasuk anak-anak.

"Alhamdulillah tidak sampai ada korban meninggal. Saat ini masih ada dua anak dan satu dewasa yang dirawat di sini. Alhamdulillah, kondisi mulai membaik," kata Puji, Sabtu (23/10/2021).

Khusus periode tiga bulan terakhir, kasus DBD yang ditangani RSUD Cideres tercatat dinamis. Pada Agustus tercatat sebanyak 11 kasus, dan September turun jadi 7 kasus. Masuk bulan Oktober, per hari ini tercatat sudah ada 10 kasus, 3 orang di antaranya kasih menjalani perawatan di RS.

"Penanganan kasus DBD sendiri, bergantung kondisi pasien. Di mana jika yang bersangkutan datang ke rumah sakit dengan tepat waktu, masih bisa ditangani. Begitu pun sebaliknya," ujarnya.

Data di Dinas Kesehatan (Dinkes) Majalengka, kasus DBD secara keseluruhan pada 2021, hingga Oktober tercatat sebanyak 383 kasus. Adapun pada 2020 lalu, kasus DBD mencapai angka 854 kasus.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT