Puluhan umat Islam di Kota Tasikmalaya menggelar aksi long march, jalan kaki ke Bandung sebagai bentuk solidaritas kepada rakyat Palestina. (Foto: iNews/Asep Juhariono)
Asep Juhariyono

TASIKMALAYA, iNews.id - Puluhan umat Islam di Tasikmalaya, Jawa Barat melakukan aksi long march ratusan kilometer ke Kota Bandung, Jumat (21/5/2021). Mereka hendak mengikuti aksi solidaritas dan dukungan terhadap rakyat Palestina di Jalan Diponegoro, depan Gedung Sate, Kota Bandung pada Sabtu (22/5/2021).

Sebelumnya, mereka menggelar aksi bela Palestina dengan jalan kaki dari Masjid Agung Kota Tasikmalaya ke kawah Gunung Galunggung sejauh 25 kilometer (km). 

Kali ini pun, aksi long march dari Kota Tasikmalaya ke Bandung juga dimulai dari halaman masjid agung. Mereka berangkat seusai sholat Isya. Para peserta long march itu menempuh jarak sekitar 115 km dari Tasikmalaya ke Kota Bandung. 

Rencananya di Kabupaten Garut dan Cileunyi, Kabupaten Bandung, ada umat Islam yang akan bergabung ikut jalan kaki menuju Gedung Sate. 

Inisiator aksi jalan kaki bela Palestina, Ahmad Ruslan Abdul Gani mengatakan, aksi long march kali ini merupakan lanjutan setelah jalan kaki ke Gunung Galunggung pada Rabu (19/5/2021). 

"Aksi ini kami lakukan karena zionis Israel masih terus membantai dan menyerang Palestina. Gencatan senjata hanya berlangsung 12 jam," kata Ahmad Ruslan.

Umat Islam yang ikut long march dari Kota Tasikmalaya menuju Bandung, ujar dia, sekitar 30 orang. Rombongan dikawal mobil untuk mengantisipasi jika ada peserta yang kelelahan. "Rute akan dilalui antara lain, Rajapolah, Ciawi, Garut, Cileunyi, Bandung," ujarnya.

Ahmad Ruslan menuturkan, rombongan diperkirakan tiba di Kota Bandung besok pagi. Namun jika waktu tidak memungkinkan karena harus ikut aksi di Gedung Sate, maka mereka akan naik kendaraan.

Aksi long march sejumlah umat Islam di Kota Tasikmalaya ini mendapatkan pengawalan dan pengamanan dari jajaran Polres Tasikmalaya Kota.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT