Polisi Israel di kompleks Masjid Al-Aqsa, Yerusalem Timur, Palestina. (Foto: Reuters)
Ahmad Islamy Jamil

YERUSALEM, iNews.id – Sejumlah warga Palestina terluka akibat granat kejut yang ditembakkan polisi Israel ke arah warga Palestina yang sedang menunaikan sholat Jumat di Masjid al-Aqsa, Yerusalem, Jumat (21/5/2021). Namun Bulan Sabit Merah Palestina belum merilis angka pasti berapa banyak orang yang terluka. 

Yang sangat disayangkan, serangan itu terjadi hanya beberapa jam setelah Israel dan Hamas menyepakaian gencatan senjata di Gaza dan terhadap umat Islam yang tengah beribadah.

Diketahui, warga Palestina di Yerusalem Timur, berbondong-bondong mendatangi Masjid al-Aqsa Jumat pagi. Mereka merayakan gencatan senjata yang dicapai antara Israel dan Hamas. 

Massa Palestina kemudian berencana berjalan kaki dari al-Aqsa ke kawasan Kota Tua Yerusalem. Akan tetapi, polisi Israel langsung menembakkan granat kejut dan bom gas untuk membubarkan mereka. Polisi juga melemparkan granat kejut ke sekelompok orang Palestina yang berbaris melalui lapangan.

Sementara itu, juru bicara Kepolisian Israel Micky Rosenfeld menyampaikan laporan dengan versi berbeda kepada Reuters. Menurut dia, ada yang melempar batu ke arah petugas yang berada di salah satu gerbang al-Aqsa.

“Unit kami merespons dan memasuki area Gunung Kuil (Masjid al-Aqsa). Mereka sedang menangani gangguan ini untuk mengatasi situasi,” kata Micky seperti dikutip Reuters.

Kompleks Masjid al-Aqsa berada di atas dataran tinggi Kota Tua Yerusalem. Kawasan ini dikenal oleh umat Islam di seluruh dunia sebagai al-Haram al-Sharif atau Tanah Suci yang Mulia. Sementara, di kalangan orang-orang Yahudi, tempat itu dinamai Temple Mount atau Gunung Kuil. 

Masjid al-Aqsa adalah salah satu situs paling sensitif dalam konflik Timur Tengah. Eskalasi di lingkungan rumah ibadah bersejarah itu berujung bentrokan antara warga Palestina dan polisi Israel pada awal Mei lalu. 

Insiden itu pula yang memicu konflik antara Israel dan Hamas. Kelompok militan Palestina itu mulai menembakkan roket dari Gaza ke kota-kota Israel pada Senin (10/5/2021). Israel lalu membalasnya dengan serangan udara ke Gaza.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT