Dede Suryana, eks Camat Cileunyi versi NII menandatangani deklarasi sumpah setia kepada NKRI. (FOTO: HUMAS POLDA JABAR)
Agus Warsudi

BANDUNG, iNews.id - Sebanyak 49 warga Kecamatan Cileunyi, Kabupaten yang sempat bergabung dengan organisasi terlarang Negara Islam Indonesia (NII), menyatakan insyaf. Mereka membatalkan baiat yang pernah diucapkan dan menyatakan kembali setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pembacaan pembatalan baiat dan deklarasi sumpah setia kepada NKRI diwakili Deden Suryana yang menjabat sebagai Camat Cileunyi versi NII.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, Polda Jabar memberikan penghargaan kepada mantan anggota NII yang telah menyatakan kesetiaannya kepada NKRI.

"Anggota NII mencabut baiat merupakan inisiatif dan kesadaran sendiri tanpa paksaan dari pihak mana pun untuk kembali setia kepada NKRI," kata Kabid Humas Polda Jabar.

Deden  Suryana dan diikuti oleh puluhan eks anggota NII Cileunyi menyatakan:  

"Pada hari ini Senin, 30 Mei 2022 Pukul 10.00 WIB, saya atas nama Dede Suryana sebagai Camat Cileunyi versi Negara Islam Indonesia (NII) beserta 49 orang lain menyatakan:

1. Membatalkan baiat dan keluar dari keanggotaan Negara Islam Indonesia

2. Setia, patuh, dan taat kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta tidak akan merongrong kedaulatan negara.

3. Akan berperan aktif dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Seusai deklarasi, naskah tersebut ditandatangani oleh para deklarator disaksikan oleh Camat Cileunyi Faisal Sulaiman, Kapolsek Cileunyi Kompol Wahyo, Danramil, dan Kabag Kesbangpol Kabupaten Bandung Ajat Sudrajat, dan Ketua MUI Kecamatan Cileunyi H Atus Ludin Mubarok.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT