Menpora Zainudin Amali (dua dari kanan) mengingatkan PSSI soal Indonesia butuh tim sepak bola tangguh. (FOTO: ARIF BUDIANTO)
Arif Budianto

BANDUNG, iNews.id - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengingatkan PSSI agar fokus pada tujuan nasional, yaitu, memiliki tim sepak bola tangguh. Pernyataan ini disampaikan Menpora saat memberikan sambutan dalam pembukaan Kongres Biasa PSSI 2022.

"Silakan program apapun ditetapkan di kongres. Tapi jangan lupa, tujuan kita melakukan semua aktivitas ini adalah menghasilkan tim sepak bola tangguh," kata Zainudin Amali saat pembukaan Kongres PSSI di Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Senin (30/5/2022). 

Menurut dia, untuk menghasilkan sepak bola yang tangguh tidak bisa jalan begitu saja. Tetapi ada berbagai langkah dan program kerja yang perlu dilalui. Dari menggelar kompetisi, pembinaan, infrastruktur, dan instrumen lain. 

"Jadi silakan dibicarakan di kongres. Bagaimana membuat soekabola kita menjadi tangguh. Termasuk kompetisi, pembinaan klub dan lainnya," ujar Zainuddin Amali.

Menurut Menpora, pemerintah sudah sangat konsen untuk meningkatkan kemampuan sepakbola Nasional. Salah satunya dengan keluarnya Inpres tentang pembinaan sepak bola nasional. Implementasi Inpres ini telah diwujudkan dalam tim pembinaan nasional yang dipimpin Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin. 

"Harapan kami, ini bisa direspons tingkat pusat hingga daerah. Terutama pembinaan sepak bola usia dini. Tidak bisa hanya mengandalkan bakat, tapi harus ada pembinaan terstruktur. Pemerintah sadar olahraga hal penting. Ini tidak main-main," tutur Menpora.

Saat ini, kata Zainuddin Amali, Kemenpora juga telah melakukan pembicaraan dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung sebagai tempat training center (TC). TC ini diharapkan menjadi tempat pembinaan sepak bola nasional sejak dini.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT