Jembatan Cimuncang di dekat Bundaran Sukaraja, diperbaiki mulai hari ini. Kemacetan arus lalu lintas kendaraan di kawasan ini bakal semakin parah. (FOTO: DHARMAWAN HADI)
Dharmawan Hadi

SUKABUMI, iNews.id - Masyarakat Sukabumi yang hendak ke Cianjur dan Bandung atau sebaliknya, siap-siap menghadapi kemacetan. Sebab, tiga jembatan di Jalan Nasional Sukabumi-Cianjur diperbaiki mulai Jumat (16/9/2022) hingga 30 Oktober 2022. 

Ketiga jembatan yang diperbaiki tersebut antara lain, Jembatan Cimuncang, Desa Pasihalang, Kecamatan Sukaraja; Jembatan Cisaninten Nikmat, Desa Piangan Jaya, Kecamatan Sukalarang; dan Jembayan Ciganda, Desa/Kecamatan Sukalarang.

Berdasarkan hasil koordinasi sementara antarinstansi, guna meminimalisasi penumpukan, kendaraan roda dua dan roda empat kapasitas kecil, disarankan menggunakan  jalur alternatif. Seperti, dari Bandung-Cianjur diarahkan dari Tugu Macan, Desa Sukalarang sampai ke Pasar Sukaraja dan selanjutnya terusan Jalan Lingkar Selatan. Begitu juga sebaliknya.

Devi (27) sopir truk, mengatakan, pada hari biasa, saat tidak ada perbaikan, kerap terjadi kemacetan panjang akibat antrean kendaraan yang akan melewati jalan rusak sebelum memasuki jembatan. 

"Hari biasa aja macet parah sampai 3 kilometer. Apalagi nanti ada perbaikan jalan dan jembatan, tidak terbayang parahnya kemacetan. Mungkin bagi kendaraan kecil bisa lewat jalan alternatif. Kalo seperti saya yang bawa truk atau teman-teman yang bawa bus setiap hari ke Bandung, harus rela bermacet-macetan," kata Devi kepada MNC Portal Indonesia (MPI), Kamis (15/9/2022) malam. 

Devi menyatakan, setelah jembatan selesai diperbaik akan memperlancar arus lalu lintas baik keluar maupun masuk ke Sukabumi. Dia berharap ketika diberlakukan buka tutup jalan dan jembatan, harus adil.

Sementara itu Camat Sukaraja Erry Erstanto mengatakan, proyek peningkatan struktur jalan (pengecoran) tiga jembatan di sepanjang ruas Jalan Raya Sukaraja-Sukalarang direncanakan dimulai pada Jumat (16/9/2022) ini.  

Untuk menghindari kemacetan panjang, pemerintah mengimbau kepada seluruh pengguna jalan mencari jalur alternatif lain di sepanjang ruas Jalan Raya Sukabumi-Cianjur, tepatnya di wilayah Kecamatan Sukaraja dan Sukalarang. "Tiga jembatan yang akan diperbaiki itu, satu di Kecamatan Sukaraja dan dua jembatan di Sukalarang," ujar Erry Erstanto. 

Pengerjaan perbaikan tiga jembatan di ruas jalan nasional itu, tutur Camat Sukaraja, dilaksanakan secara marathon mulai 16 September sampai 30 Oktober 2022. Pengecoran jembatan tersebut dipastikan akan menimbulkan kemacetan arus lalu lintas dari kedua arah.. 

"Kami sudah laporan kepada pimpinan pasti akan terjadi kemacetan dan kami rekomendasikan agar ada pengalihan sebagian arus lalu lintas baik dari Bandung-Cianjur ke Sukabumi maupun sebaliknya. Ini dilakukan agar kendaraan tidak menumpuk di satu titik lokasi pengecoran jalan dan jembatan," tutur Camat Sukaraja. 

Sebelum perbaikan tiga jembatan itu dilaksanakan, Erry Erstanto dan Muspika Sukaraja serta Muspika Sukalarang telah mengikuti sosialiasi dari Kementerian PUPR. "Sesuai kewenangan, pengaturan arus berada di Polres Sukabumi Kota, Polsek Sukaraja, Polsek Sukalarang dan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi. Mereka yang lebih paham pengaturan arus lalu lintasnya," ucap Erry Erstanto.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT