Wow Keren, Pindad Bakal Produksi Bom untuk Pesawat Tempur Prancis Rafale 

Arif Budianto · Kamis, 14 April 2022 - 12:07:00 WIB
Wow Keren, Pindad Bakal Produksi Bom untuk Pesawat Tempur Prancis Rafale 
Delegasi Safran Electronics & Defense Prancis saat berkunjung ke Pindad Bandung. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - PT Pindad bakal memproduksi bom untuk pesawat tempur buatan Prancis Rafale, sebagai tindak lanjut dari kerja sama antara Indonesia dan Prancis. Kepastian adanya keterlibatan Pindad memproduksi bom Rafale setelah dilakukannya kunjungan delegasi Safran Electronics & Defense Prancis.

Delegasi tersebut yakni Andrea Bianchini, Clarisse Madeleine, dan Patrice de Tervea datang ke Gedung Direktorat Pindad Bandung, Selasa, 12 April 2022.

Kunjungan ini membahas lebih lanjut terkait kerja sama di bidang bom MK-82 untuk mendukung Highly Agile Modular Munition Extended Range (HAMMER) Smart Bomb yang nantinya akan digunakan di pesawat tempur Rafale. 

Pindad berperan untuk memproduksi badan dan isi bahan peledak untuk bom. Adapun Kerja sama lainnya yang akan dilakukan yaitu di bidang optronic, sistem kendali dan kerjasama lain yang akan digali bersama.

Direktur Teknilogi & Pengembangan PT Pindad, Sigit P Santosa menyampaikan bahwa dengan kerja sama ini ke depan Pindad akan memiliki kemampuan menghasilkan dan mengembangkan produk smart guided bomb.

“PT Pindad memiliki kemampuan mengembangkan produk dan juga memproduksi MK-82 yang digunakan di rafale menjadi salah satu faktor kita menjalin kerjasama dengan Safran, pabrikan yang memiliki reputasi tinggi di bidang pertahanan dengan smart guided bomb-nya," katanya. 

Safran, lanjut dia, sangat serius menjalin kerja sama pengembangan smart guided bomb MK-82. Pindad nantinya yang akan memproduksi dan safran sebagai penyedia guidance kit. Kedepan Pindad juga akan memiliki kemampuan tersebut disesuaikan dengan kondisi di Indonesia.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: